Home Tabalong Hari Ini Pasca Pelunasan BIPIH, Kemenag Siapkan Manasik Haji Masal di 12 Kecamatan

Pasca Pelunasan BIPIH, Kemenag Siapkan Manasik Haji Masal di 12 Kecamatan

by Muhammad Rais
0 comment

Pasca masa pelunasan biaya perjalanan ibadah haji atau BIPIH tahun 2024, Kementerian Agama Kabupaten Tabalong akan menggelar manasik masal. Manasik rencananya digelar pertengahan April mendatang.

Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Tabalong, Sahidul Bakhri, saat ditemui pada Jumat, 1 Maret 2024.

Sahidul menjelaskan, seiring akan berakhirnya masa pelunasan BIPIH yang dalam waktu dekat akan memasuki tahap kedua, Kemenag Tabalong akan menggelar manasik haji masal di 12 kecamatan dan ditinjau di tingkat kabupaten.

Manasik masal tersebut rencananya akan digelar setelah Hari Raya Idul Fitri atau pertengahan April 2024 mendatang.

“Jadi selain persiapan manasik, istithaah kesehatannya harus dijaga dengan sebaik-baiknya, karena ada beberapa yang kami lihat beberapa orang yang mereka dalam hari terakhir bisa keluar istithaah kesehatannya karena mereka gula darahnya tinggi, sehingga karena mereka mampu menjaga pola makan yang mereka teratur, sehingga bagus hasilnya, nah ini Ketika menjelang pemberangkatan harus terus dijaga karena nanti akan ada lagi pelaksanaan cek kesehatan yang nantinya di embarkasi Banjarmasin.” ujar Sahidul Bakhri, Kepala Kemenag Tabalong.

Sahidul berharap pada seluruh jemaah haji asal Tabalong agar terus belajar tentang manasik haji dengan baik, sehingga seluruh pelaksanaan ibadah haji nantinya berjalan dengan lancar.

Diketahui, kuota jemaah haji Kabupaten Tabalong tahun 2024 sebanyak 556 orang, terdiri dari 503 kuota berdasarkan nomor urut porsi, 50 kuota tambahan bagi jemaah umum, dan 3 kuota tambahan khusus jemaah lansia.

Baca Juga  Festival Panen Hasil P5 Jadi Wadah Unjuk Bakat dan Kreativitas Siswa

Berdasarkan data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu atau SISKOHAT Kementerian Agama, sebanyak 610 jemaah haji telah melakukan pelunasan BIPIH tahap pertama tahun ini. Jemaah haji yang telah melunasi BIPIH tersebut terdiri dari 476 jemaah haji berdasarkan nomor urut porsi dan 134 jemaah haji cadangan.

(Dano Nafarin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment