Home Tabalong Hari Ini Pasar Kapar Direvitalisasi, Pedagang Harap Direlokasi ke Tempat Representatif

Pasar Kapar Direvitalisasi, Pedagang Harap Direlokasi ke Tempat Representatif

by Muhammad Rais
0 comment

Para pedagang menyambut baik rencana revitalisasi Pasar Kapar, karena dinilai akan mempercantik pasar yang saat ini terkesan kumuh. Namun, pedagang meminta mereka direlokasi ke tempat yang lebih representatif selama revitalisasi berlangsung.

Pemerintah Kabupaten Tabalong akan melakukan revitalisasi Pasar Kapar, Kecamatan Murung Pudak, dengan menyatukan dua lokasi pasar yang dipisahkan oleh jalan raya di tengahnya.

Pada tahun 2024 ini, revitalisasi tahap pertama berupa pembangunan pasar basah untuk pedagang ikan dan sayur, serta pengerjaan jalan baru di sebelah kanan dilihat dari arah jembatan Hikun.

Pedagang ikan, Bambang, yang ditemui pada 1 April 2024, menyambut baik rencana revitalisasi Pasar Kapar. Namun, ia meminta para pedagang yang ikut terdampak revitalisasi tahap pertama direlokasi sementara ke tempat yang lebih representatif.

Pasalnya, rencana relokasi sementara ke lapangan depan kantor Desa Kapar, menurutnya, kurang representatif. Mengingat pedagang ikan saja berjumlah kurang lebih 13 orang, ditambah pedagang lain yang ikut terdampak.

Dia pun mengusulkan agar relokasi ditempatkan disebelah lokasi mereka berdagang saat ini atau pasar di sebelah kiri.

“Setuju aja pang, amunnya baik, maksudnya tu kan diandaklah kami ke tempat yang baik dulu lah. Amunnya kesana kan kejauahan kami nih, masalahnya gudang disini, jauh banat meandak iwaknya bila daripada ke kantor desa sana,” kata Bambang, pedagang ikan.

Baca Juga  Disdukcapil Tabalong Bakal Buka Layanan Malam dan Drive THRU

Sementara itu, pedagang sembako, Ida, yang juga terdampak revitalisasi tahap pertama, mengaku setuju rencana revitalisasi Pasar Kapar, karena dinilai akan mempercantik pasar yang saat ini terkesan kumuh.

Dia berharap usaha para pedagang lebih ramai dan maju dengan revitalisasi pasar nantinya.

“Harapannya mudah-mudahan penataannya bisa lebih baik lagi, kalo bisa disediakan toko-tokonya juga, dan ditata lebih rapi gitu biar tekumpul semuanya, jadi orang yang beli itu kada perlu kesana kemari tekumpul disini jua kaitu,” ujar Ida, pedagang sembako.

Pemerintah Kabupaten Tabalong menyiapkan anggaran 12 miliar rupiah untuk revitalisasi Pasar Kapar tahap pertama tahun 2024. Revitalisasi tahap pertama dijadwalkan pada pertengahan April 2024, atau setelah Lebaran Idul Fitri. Secara keseluruhan, total anggaran yang diperlukan kurang lebih 25 miliar rupiah.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment