Home Editor's Picks Meski Dilanda Kekeringan, Petani Ampukung Berhasil Panen Padi

Meski Dilanda Kekeringan, Petani Ampukung Berhasil Panen Padi

by Muhammad Rais
0 comment

Dalam rangka Gerakan Nasional Antisipasi Dampak El-Nino, Bupati Tabalong, bersama jajaran Forkopimda, melakukan panen raya dan syukuran panen padi di Desa Ampukung, Kecamatan Kelua, pada Senin, 2 Oktober 2023.

Panen raya ini dilakukan oleh Bupati Tabalong Anang Syakhfiani bersama perwakilan Badan Standarisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Kalsel, sejumlah unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Tabalong, serta Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan Kelua.

Panen padi dilakukan di lahan seluas 400 hektar di Rawa Lebak Desa Ampukung, Kecamatan Kelua. Jenis padi yang dipanen merupakan varietas unggul, yaitu jenis Mekongga, Siam Sapat, dan Citarum, dengan produksi mencapai 7,5 ton per hektar.

Dalam sambutannya, Bupati Tabalong Anang Syakhfiani mengapresiasi keberhasilan petani Ampukung yang masih bisa bercocok tanam saat musim kemarau ekstrim saat ini. Menurutnya, hal ini tidak lepas dari kekompakan seluruh petani.

“Kegiatan hari ini lebih sebagai syukuran. Makin banyak kita bersyukur, dijanjikan oleh Allah SWT makin ku tambah nikmat untuk engkau, termasuk orang kering, orang gagal panen kita masih bisa panen. Oleh sebab itu, ulun memberikan penghargaan terhadap petani di sini, warga di sini kekompakannya makin bagus, tidak ada lagi jarak antara petani dengan yang lain,” ungkap Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong.

Baca Juga  Rasakan Sensasi Ekstrem Susur Sungai di Desa Teratau

Dalam kesempatan ini juga, Bupati Anang turut menyerahterimakan bantuan berupa alat dan mesin pertanian, berupa perontok padi, kepada dua kelompok petani di Desa Ampukung.

Selain itu, di tahun 2024 mendatang, Pemerintah Kabupaten Tabalong juga akan menganggarkan pembangunan jalan usaha tani sepanjang 150 meter di Desa Ampukung.

(Muhammad Ariadi, TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment