Home Tabalong Hari Ini Manfaatkan Libur Ramadan, Ratusan Anak Ikut Pesantren Ramadan

Manfaatkan Libur Ramadan, Ratusan Anak Ikut Pesantren Ramadan

by Muhammad Rais
0 comment

Pondok Pesantren Nurul Islam Littafaqquh wal Irsyad, Desa Lumbang, Kecamatan Muara Uya, kembali menggelar Pesantren Ramadan. Pesantren Ramadan ini dimulai sejak 11 Maret hingga 30 Maret 2024.

Pesantren Ramadan yang menjadi program tahunan Ponpes Nurul Islam Subur ini rutin digelar setiap tahunnya saat memasuki bulan suci Ramadan. Tahun ini, Pesantren Ramadan sudah digelar keempat kalinya sejak tahun 2020.

Pesantren Ramadan ini diikuti oleh 143 santri dengan usia mulai dari 7 hingga 15 tahun. Para santri tersebut berasal dari Tabalong maupun luar Tabalong, dengan santri terbanyak berasal dari Kecamatan Muara Uya dan Jaro.

Pimpinan Pondok Pesantren Nurul Islam, Ustadz Ahmad Mansur, mengatakan bahwa Pesantren Ramadan ini bertujuan untuk mengurangi kegiatan yang tidak bermanfaat bagi anak-anak sekolah selama libur. Pasalnya, dalam kegiatan ini diisi dengan berbagai materi keagamaan, yang dimulai dari tahajjud hingga buka bersama.

“Alhamdulillah hari ini kami ada program pesantren Ramadan, yang mana kegiatannya selama 20 hari mondok di Pondok Pesantren Nurul Islam Lumbang, yang mana kegiatannya dari shalat tahajjud, sampai shalat subuh dan berbuka bersama selama 20 hari menginap di sini. Jadi niatan kita mengurangi kegiatan anak-anak kita dari kegiatan yang tidak bermanfaat selama liburan Ramadan,” ujar Ustadz Ahmad Mansur, pimpinan Pondok Pesantren Nurul Islam Littafaqquh wal Irsyad Subur.

Baca Juga  700 Paket Sembako Disediakan di Pasar Murah Terbatas Kecamatan Murung Pudak

Ustadz Ahmad Mansur menyampaikan bahwa program ini akan berkelanjutan dan rutin digelar selama Ramadan. Adapun biaya kegiatan Pesantren Ramadan ini berkisar 250 ribu per orang. Khusus untuk anak yatim tidak dipungut biaya atau gratis. Biaya tersebut digunakan untuk akomodasi dan konsumsi para santri serta membantu dewan guru yang berjumlah sekitar 11 orang.

(Muhammad Ariadi, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment