Home Tabalong Hari Ini Kelompok Prima di Tabalong Sulap Labu Jadi Roti

Kelompok Prima di Tabalong Sulap Labu Jadi Roti

by Muhammad Rais
0 comment

Puluhan perempuan dari tiga desa di Tabalong diajarkan cara membuat roti oleh DP3AP2KB Tabalong. Para perempuan ini diajarkan membuat roti berbahan dasar waluh atau labu.

Beginilah suasana saat 40 perempuan yang tergabung dalam Kelompok Prima dari Desa Manduin, Desa Tantaringin, Kecamatan Muara Harus, dan Desa Pulau Ku’u, Kecamatan Tanta, mengikuti pelatihan pembuatan roti yang digelar oleh DP3AP2KB Tabalong pada Rabu, 22 Mei 2024.

Tampak para peserta dengan serius mengikuti seluruh tahapan dan instruksi membuat roti dari Norhasanah, yang merupakan pelaku UMKM di Tabalong.

Dalam pelatihan kali ini, para peserta diajarkan cara membuat roti berbahan dasar waluh atau labu.

Waluh atau labu tersebut merupakan salah satu buah yang banyak ditanam oleh masyarakat setempat.

“Hari ini kita menggelar pelatihan pembuatan aneka roti, dimana disini kita memanfaatkan sumber daya alam kita yaitu berbahan dasar dari waluh yang kita buat rotinya. Karena di daerah kita waluh itu sangat banyak ya, yang kita tahu cuma dibikin kolak. Kali ini kita variasi untuk pembuatan roti, sehingga nilai jual waluh tadi lebih tinggi lagi atau meningkat, tidak hanya bisa diolah menjadi makanan biasa,” kata Noor Hasanah, narasumber.

Kepala Desa Manduin, Rabaniah, menyambut baik digelarnya pelatihan bagi Kelompok Prima. Pihak desa juga rencananya akan memberikan tambahan modal bagi Kelompok Prima yang ada di Desa Manduin.

Baca Juga  Kemenag Tabalong Imbau Calon Jamaah Siapkan Diri dan Jaga Kesehatan

“Pihak desa nanti kami sepakat akan memberikan sejenis tambahan modal untuk warga kami agar bisa mengembangkan keterampilan ini, agar keterampilan ini berguna bagi masyarakat dan menjadi ciri khas bagi masyarakat, serta akan menambah penghasilan bagi keluarga,” ujar Rabaniah, Kepala Desa Manduin.

Rabaniah menambahkan, selain memberikan tambahan modal, ke depannya pihaknya juga berupaya membantu pemasaran produk olahan Kelompok Prima, baik melalui BUMDes maupun ke Pusat Oleh-Oleh Prima milik DP3AP2KB Tabalong.

(Muhammad Ariadi, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment