Home Tabalong Hari Ini Juara Desa Brilian Nasional, Desa Padang Panjang Terima Reward Rp 300 Juta

Juara Desa Brilian Nasional, Desa Padang Panjang Terima Reward Rp 300 Juta

by Muhammad Rais
0 comment

Desa Padang Panjang berhasil meraih penghargaan Nugraha Karya Desa Brilian tingkat nasional. Atas pencapaian tersebut, Pemdes Padang Panjang mendapat bantuan sebesar 300 juta rupiah dari Bank Rakyat Indonesia.

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Kepala BRI Branch Office Tanjung Tabalong, Nur Johnson Arifin, kepada Kepala Desa Padang Panjang, Bumukti, pada Sabtu, 18 Mei 2024, di Wisata Menanti Laburan, Desa Padang Panjang, Kecamatan Tanta.

Bantuan sebesar 300 juta rupiah tersebut diterima Desa Padang Panjang atas raihan juara harapan kedua pada Nugraha Karya Desa Brilian tingkat nasional tahun 2023 yang digelar oleh PT Bank Rakyat Indonesia.

Kepala Desa Padang Panjang, Bumukti, mengaku prestasi ini berhasil diraih berkat kerjasama yang baik seluruh jajaran, khususnya BUMDes Maju Jaya, sehingga mampu memenuhi seluruh indikator penilaian mulai dari kelembagaan hingga program pemberdayaan masyarakat.

“Selain kelembagaan serta administrasi, ada pemberdayaan serta keberlanjutan dari program-program yang sudah kita kerjasamakan dengan desa, khususnya pemberdayaan serta potensi lokal yang ada di Desa Padang Panjang menjadi salah satu parameter utama dari penilaian tersebut,” ujar Bumukti, Kepala Desa Padang Panjang.

Sementara itu, Kepala BRI Branch Office Tanjung Tabalong, Nur Johnson Arifin, mengatakan keberhasilan ini menjadi bukti hadirnya BRI yang mampu memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan potensi desa.

Baca Juga  TPID Tabalong Pastikan Harga dan Stok Bapokting Aman Jelang Idul Adha

“Desa Brilian Desa Padang Panjang bisa mendapatkan Anugerah Desa Nugraha Karya sehubungan dengan prestasinya dalam BUMDesnya memajukan perekonomian di desa tersebut. Pertama dengan agen BRILink-nya, kedua dengan masyarakatnya yang sudah banyak bersinergi dengan BRI, sudah memberikan kontribusi yang besar terhadap desa, sinerginya BRI dengan desa diwakili dengan BUMDesnya,” ujar Nur Johnson Arifin, Kepala BRI BO Tanjung Tabalong.

Johnson Arifin berharap dengan adanya prestasi ini mampu memacu desa lain untuk bersinergi bersama BRI dan meningkatkan pemberdayaan masyarakat guna meningkatkan perekonomian desa.

Diketahui, bantuan sebesar 300 juta rupiah dari BRI tersebut ditujukan untuk pengembangan sarana dan prasarana di Wisata Taman Menanti Laburan, di antaranya pembuatan gapura, gazebo, dinding kolam renang, pembangunan dua buah spot foto, serta pembelian dua buah ATV dan dua buah sepeda motor trail.

(Gazali Rahman/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment