Home Tabalong Hari Ini Jelang Pilkada 2024, PJ Bupati Ajak Masyarakat Terima Petugas Coklit

Jelang Pilkada 2024, PJ Bupati Ajak Masyarakat Terima Petugas Coklit

by Muhammad Rais
0 comment

Penjabat Bupati Tabalong mengimbau ASN bersikap netral selama tahapan Pilkada tahun 2024. Selain itu, ia juga mengajak seluruh masyarakat menyukseskan proses coklit dan meningkatkan partisipasi pemilih di atas 90 persen.

Hal tersebut disampaikan Penjabat Bupati Tabalong, Hamida Munawarah, usai melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih untuk Pilkada tahun 2024 pada Jumat, 28 Juni 2024, di ruang kerjanya di Kantor Setda Tabalong, Tanjung.

“Kita mengimbau kepada seluruh aparatur sipil negara agar bersikap netral. Kita menganut netralitas aparatur sipil negara, karena bila ini sampai diketahui tentu akan mendapatkan sanksi.” ujar Hamida Munawarah, PJ Bupati Tabalong

Hamida juga mengajak seluruh masyarakat Tabalong menyukseskan proses coklit yang hanya berlangsung selama satu bulan ini, dari tanggal 24 Juni sampai dengan 24 Juli 2024.

Ia berharap suksesnya proses coklit diiringi meningkatnya partisipasi pemilih di atas 90 persen.

Sementara itu, Ketua Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi KPU Tabalong, Hesti Puji Ningrum, menjelaskan bahwa coklit dilakukan pantarlih di kantor PJ Bupati lantaran menyesuaikan jadwal beliau.

PJ Bupati sekeluarga terdaftar di TPS 08 Kelurahan Sulingan sesuai alamat KTP, namun apabila nanti ingin pindah memilih sesuai alamat rumah dinas di Kelurahan Tanjung, akan diurus kembali menggunakan surat pindah memilih.

“Kalau dulu dikatakan A5, sekarang surat pindah memilih. (Itu pindah KTP atau pindah memilih saja?) Pindah TPS. KTP-nya tetap Kelurahan Sulingan, tapi ibu meminta memohon pindah memilih. Itu prosesnya nanti, untuk tahap ini kita hanya melakukan pencocokan dan penelitian untuk persiapan data daftar pemilih tetap.” ujar Hesti Puji Ningrum, Ketua Divisi Perdatin KPU Tabalong

Hesti berharap masyarakat lebih membuka diri dengan kedatangan pantarlih ke rumah mereka dan kooperatif dalam menyampaikan informasi. Pasalnya, pantarlih sudah disumpah untuk menjaga kerahasiaan data kependudukan, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment