Home Tabalong Hari Ini Jamaah Haji Tabalong Diminta Rutin Berolahraga dan Jaga Pola Makan

Jamaah Haji Tabalong Diminta Rutin Berolahraga dan Jaga Pola Makan

by Muhammad Rais
0 comment

Para jamaah haji asal Kabupaten Tabalong diminta mempersiapkan sebaik mungkin kondisi fisiknya sebelum berangkat ke Tanah Suci untuk menjalankan ibadah haji. Para jamaah haji pun diminta rutin berolahraga dan menjaga pola makan.

Kepala Puskesmas Hikun, Dokter Novian Eka Hariadi, mengatakan para jamaah haji yang akan berangkat ke Tanah Suci diminta mulai membiasakan diri untuk berolahraga jelang keberangkatan. Adapun olahraga yang disarankan yakni olahraga ringan, seperti jalan santai, jogging, bersepeda, maupun berenang, dengan waktu yang disarankan yakni 20 hingga 30 menit per harinya.

Selain olahraga rutin, Dokter Novian juga meminta jamaah haji menjaga pola makan sehat, bernutrisi, dan berprotein, agar tetap fit dan sehat selama menjalankan ibadah haji di Tanah Suci.

“Yang jelas menerapkan hidup yang sehat ya untuk jemaah haji sendiri jangan lupa untuk berolahraga setiap pagi rutin, paling tidak 20 sampai 30 menit sehari, tapi juga jangan sampai kelelahan dan juga mungkin dengan cuaca ekstrim seperti ini pola makan harus dijaga terutama makanan yang bernutrisi dan berprotein,” ujar dr. Novian Eka Hariadi, Kepala Puskesmas Hikun.

Dokter Novian juga mengimbau agar jemaah haji lansia dapat mengatur pola makan yang baik, yaitu dengan tidak mengkonsumsi makanan manis dan asin secara berlebihan. Hal tersebut dilakukan mengingat para lansia memiliki faktor risiko lebih tinggi terhadap penyakit seperti kencing manis, jantung, maupun hipertensi.

Baca Juga  44 Calon Jamaah Haji Tabalong Tunda Keberangkatan

Diketahui, rencana perjalanan haji 1445 Hijriah atau tahun 2024 telah diterbitkan oleh Kementerian Agama, di mana keberangkatan haji di tahun 2024 ini akan dibagi menjadi dua gelombang. Gelombang pertama dijadwalkan berangkat mulai tanggal 12 hingga 23 Mei 2024 dari Indonesia menuju Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Aziz di Madinah. Sedangkan gelombang kedua dijadwalkan berangkat pada tanggal 21 Mei hingga 1 Juni 2024 dari Indonesia menuju Bandara King Abdul Aziz International Airport di Jeddah.

(Maria Ulfah/ TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment