Home Tabalong Hari Ini Jamaah Haji Lansia Tabalong Mendapat Layanan Khusus dari Kemenag

Jamaah Haji Lansia Tabalong Mendapat Layanan Khusus dari Kemenag

by Muhammad Rais
0 comment

Belasan jamaah haji lansia asal Kabupaten Tabalong mendapat perlakuan khusus dari petugas haji embarkasi Banjarmasin. Perlakuan khusus ini diberikan sesuai dengan konsep penyelenggaraan ibadah haji 2024 yang ramah lansia.

Terpantau pada keberangkatan jamaah haji kloter 9 asal Kabupaten Tabalong pada Kamis malam, 23 Mei 2024, konsep haji ramah lansia ini dilaksanakan secara langsung dilapangan oleh jajaran Kementerian Agama Kalimantan Selatan dan Tabalong.

Pelayanan ramah lansia yang diberikan pun beragam, seperti pelayanan kursi roda, penyediaan bus khusus lansia, hingga tempat duduk khusus di pesawat.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Selatan, Muhammad Thambrin, menjelaskan bahwa pelayanan ramah lansia diberikan sebagai upaya untuk mempermudah dan meringankan jamaah haji lansia dalam melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji.

“Jadi ramah lansia ini prioritas yang pertama mereka dibantu dengan kursi roda, kemudian didampingi oleh pendamping, pendampingnya ada keluarga, kemudian prioritas juga di pesawat di kursi depan, termasuk di bus semuanya menjadi prioritas dikawal oleh petugas kita.” ujar Muhammad Tambrin, Kepala Kanwil Kemenag Kalimantan Selatan.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Tabalong, Sahidul Bakhri, menyampaikan bahwa pihaknya juga terus berupaya komitmen untuk memberikan pelayanan ramah lansia kepada para jamaah, terutama dari segi pelayanan keberangkatan dari Kabupaten.

“Alhamdulillah yang jelas ramah lansia memang tagline untuk haji tahun ini, artinya bagaimana mereka yang lansia ini menjadi prioritas utama layanan, termasuk di Tabalong dari pemberangkatan di kabupaten itu sudah kita prioritaskan, sampai di embarkasi, sampai tadi ketika pemeriksaan kesehatan, alhamdulillah mendapat pelayanan khusus, beda dengan mereka pada umumnya.” ujar Sahidul Bakhri, Kepala Kemenag Tabalong.

Baca Juga  Simulasi Sistem Pengamanan Kota (SISPAMKOTA) Pengamanan Pemilu 2024

Sahidul menambahkan, untuk kloter-kloter selanjutnya, pihak Kementerian Agama akan terus berupaya mengevaluasi dan meningkatkan pelayanan haji ramah lansia.

Diketahui, total sebanyak 320 jamaah dan petugas haji diberangkatkan dalam kloter 9 embarkasi Banjarmasin menuju Bandar King Abdul Aziz Jeddah pada Jumat subuh, 24 Mei 2024.

(Muhammad Ariadi, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment