Home Tabalong Hari Ini Ingin Rintis Usaha? Jangan Ragu Konsultasi ke PLUT KUMKM Tabalong

Ingin Rintis Usaha? Jangan Ragu Konsultasi ke PLUT KUMKM Tabalong

by Muhammad Rais
0 comment

PLUT KUMKM Kabupaten Tabalong terus meningkatkan layanannya setiap tahun. Kini, PLUT menyediakan 6 jenis layanan konsultasi gratis untuk pelaku usaha maupun masyarakat yang ingin merintis bisnis.

Inilah Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (PLUT KUMKM) Kabupaten Tabalong yang berlokasi di Jalan Lingkar By Pass Mabuun, Kecamatan Murung Pudak.

PLUT ini dibangun Pemerintah Kabupaten Tabalong atas bantuan pemerintah pusat pada tahun 2020 lalu, yang dimanfaatkan untuk membantu para pelaku usaha dalam menghadapi persoalan selama menjalankan bisnisnya.

Pendamping UMKM di PLUT Tabalong, Afrida Hasnah, yang ditemui pada Jumat, 7 Juni 2024, di ruang kerjanya, mengatakan PLUT memberikan layanan konsultasi gratis terhadap semua kalangan, baik masyarakat yang belum merintis usaha namun memiliki keinginan, maupun pelaku usaha yang baru merintis, sedang merintis, atau sudah menjalankan usahanya selama beberapa tahun.

PLUT KUMKM Kabupaten Tabalong memberikan 6 jenis layanan konsultasi gratis, mulai dari kelembagaan, pembiayaan, produksi, pemasaran, pengembangan informasi teknologi, serta SDM dan jaringan kerjasama.

“Gratis, dari awal sampai akhir. Misalnya nanti pun datang secara pribadi/private minta ajari, misalnya pemasaran nih, belum bisa bikin Facebook atau bikin IG. Nah, nanti ada kayak kelas private jadi datang ke sini dari awal sampai paham, mungkin setengah harian atau berapa jam dibutuhkan itu gratis, tidak dipungut biaya apa pun tinggal datang ke kami, inshaallah kami layani,” ujar Afrida Hasnah, pendamping UMKM di PLUT Tabalong.

Baca Juga  Warga Jaro Dilatih Cara Membuat Kreasi Hantaran

Tercatat hingga bulan Mei tahun 2024, sebanyak 1.312 masyarakat dan pelaku usaha berkonsultasi di PLUT KUMKM Kabupaten Tabalong. Jumlah tersebut meningkat setiap tahunnya sejak PLUT dibangun pada tahun 2020 lalu.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment