Home Tabalong Hari Ini Ikut Eco Edu Wiyata, Puluhan Siswa Belajar ke TPS 3R dan TPA Bongkang

Ikut Eco Edu Wiyata, Puluhan Siswa Belajar ke TPS 3R dan TPA Bongkang

by Muhammad Rais
0 comment

Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Dinas Lingkungan Hidup Tabalong menggelar Eco Edu Wiyata pada Kamis, 13 Juni 2024. Eco Edu Wiyata diikuti puluhan peserta dari sekolah Adiwiyata di Tabalong.

Sebanyak 60 peserta yang terdiri dari 40 siswa dan siswi serta 20 guru pendamping dari 20 sekolah Adiwiyata yang ada di Kecamatan Murung Pudak, Kecamatan Tanjung, dan Kecamatan Tanta mengikuti rangkaian kegiatan Eco Edu Wiyata.

Dalam kesempatan ini, para peserta diajak untuk berkunjung dan belajar langsung ke sejumlah tempat.

Adapun kunjungan pertama dilakukan ke TPS 3R Pendopo Bersinar, Kelurahan Pembataan, Kecamatan Murung Pudak.

Di tempat ini, para peserta diberikan materi terkait pemilahan sampah yang dapat dimanfaatkan, baik untuk didaur ulang, dijual, hingga dijadikan pupuk organik.

Setelah itu, para peserta diajak berkeliling ke Hutan Kota Tanjung Persada yang berada di Jalan Bataman, Kelurahan Pembataan, Kecamatan Murung Pudak. Para peserta pun diperkenalkan dengan berbagai jenis tanaman yang ada di wilayah tersebut, seperti pohon ulin, gaharu, dan berbagai jenis pohon buah-buahan.

Kemudian, para peserta diajak berkunjung ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bongkang yang ada di Desa Wirang, Kecamatan Haruai.

Di sini, para peserta dikenalkan sistem pengelolaan TPA, proses penimbangan, hingga proses pengelolaan limbah agar tidak berdampak buruk pada lingkungan dan udara.

Kepala Bidang Penataan Lingkungan DLH Kabupaten Tabalong, Faizal Rizani menjelaskan, selain dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, kegiatan ini juga bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai peduli dan berbudaya lingkungan hidup (PBHS) terhadap anak-anak, sehingga hal ini dapat diterapkan di sekolah masing-masing.

“Ini adalah wujud dari kepedulian dan dukungan dari pemerintah Kabupaten Tabalong untuk sekolah-sekolah, agar sekolah-sekolah bisa lebih melaksanakan gerakan PBHS-nya di sekolah,” kata Faizal Rizani, Kepala Bidang Penataan Lingkungan DLH Tabalong.

Untuk destinasi terakhir, para peserta diajak menuju wisata Riam Bidadari yang ada di Desa Lumbang, Kecamatan Muara Uya.

Dalam kesempatan ini, para peserta diberikan kuis terkait rangkaian kegiatan yang sudah dilaksanakan.

Hal ini dilakukan agar para peserta dapat mengulas dan menyerap ilmu yang telah mereka dapatkan melalui rangkaian Eco Edu Wiyata.

(Maria Ulfah/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment