Home Tabalong Hari Ini Hari Pertama Idul Adha, RPH Tabalong Layani Pemotongan Belasan Hewan Kurban

Hari Pertama Idul Adha, RPH Tabalong Layani Pemotongan Belasan Hewan Kurban

by Muhammad Rais
0 comment

Pada Idul Adha 1445 Hijriah, UPT Rumah Potong Hewan Tabalong kembali menerima permintaan pemotongan hewan kurban. Tahun ini, pihak UPT RPH melakukan pemotongan total sebanyak 34 ekor hewan kurban.

Rumah Potong Hewan Tabalong yang berlokasi di Kelurahan Mabuun, pada Lebaran Idul Adha tahun ini dibanjiri permintaan pemotongan hewan kurban.

Sebanyak 28 ekor sapi dan 6 ekor kambing kurban milik masyarakat dipastikan akan dipotong di RPH Tabalong mulai hari H hingga H+2 Idul Adha.

Pada hari pertama dilakukan pemotongan 16 ekor sapi dan 2 ekor kambing, kemudian pada hari kedua 6 ekor sapi dan 3 ekor kambing, dan hari terakhir 6 ekor sapi dan 1 ekor kambing.

Hewan kurban yang disembelih di RPH ini merupakan permintaan dari masyarakat yang mengantarkan hewannya langsung ke rumah potong.

Pihak UPT RPH menggandeng juru sembelih halal untuk melakukan pemotongan hewan kurban.

“Alhamdulillah lancar, jadi untuk hari ini kita ada pemotongan sekitar 16 sapi dan kambing 2 untuk hari ini, kalau untuk besok sapi ada 6 kambing ada 3, alhamdulillah masih lancar, untuk fasilitas seperti air dan sebagainya masih lancar, jadi untuk keseluruhan kita anggap lancar sementara,” kata Mahyuni, Kepala UPT RPH Tabalong.

Diperkirakan permintaan pemotongan hewan kurban akan kembali bertambah pada hari kedua dan ketiga Idul Adha.

Diketahui, untuk mendukung pemotongan hewan di RPH, Disbunnak Tabalong turut menerjunkan tim kesehatan hewan guna memastikan hewan sehat dan daging yang dikonsumsi aman.

(Muhammad Ariadi/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment