Home Tabalong Hari Ini Forum Lintas Perangkat Daerah Jadi Ajang Bangun Semangat Kolaborasi

Forum Lintas Perangkat Daerah Jadi Ajang Bangun Semangat Kolaborasi

by Muhammad Rais
0 comment

Pemerintah Kabupaten Tabalong menggelar Forum lintas Perangkat Daerah dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah RKPD Kabupaten Tabalong tahun 2025 pada Kamis, 7 Maret 2024, di Pendopo Bersinar Pembataan.

Forum lintas Perangkat Daerah yang digelar Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian, dan Pengembangan BAPPEDALITBANG Kabupaten Tabalong melibatkan kurang lebih 100 peserta, terdiri dari asisten, staf ahli, kepala organisasi perangkat daerah, dan pegawai yang mengelola perencanaan dan keuangan diseluruh OPD.

Forum ini digelar untuk menyelaraskan program dan kegiatan OPD dengan usulan program dan kegiatan hasil Musrembang kecamatan, pokok pikiran DPRD, RPJMD atau Renstra, serta program prioritas provinsi maupun pusat.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mempertajam indikator dan target kinerja program kegiatan, sesuai tugas fungsi OPD, serta menyesuaikan pendanaan program dan kegiatan prioritas berdasarkan pagu indikatif untuk masing-masing OPD.

Kepala BAPPEDALITBANG Tabalong, Muhammad Noor Rifani, berharap melalui kegiatan ini kolaborasi dan sinergitas seluruh perangkat daerah dapat terbangun dengan baik, pasalnya terdapat sejumlah program yang tidak bisa ditangani oleh satu OPD saja, namun harus ada kerjasama dengan berbagai pihak terkait.

“Nah, jadi namanya juga prioritas perlu kita kolaborasi, Pak. Jadi kalau kegiatan-kegiatan dipandang perlu kita lakukan kolaborasi dan sinergi, hari ini bisa kita sampaikan karena banyak kegiatan-kegiatan yang memang memerlukan kolaborasi dan sinergitas bersama dan tidak bisa satu OPD saja yang menyelesaikan, tetapi harus didukung dan dibackup oleh OPD yang lain.” ujar Muhammad Noor Rifani, Kepala BAPPEDALITBANG Kabupaten Tabalong.

Baca Juga  Lapas Tanjung Akan Lanjutkan Program Asimilasi Rumah Usai Remisi Idul Fitri

Diketahui tema RKPD Kabupaten Tabalong tahun 2025, yakni Penguatan Daya Saing Daerah Menuju Tabalong yang Sejahtera, Dinamis, dan Berkelanjutan.

Adapun prioritas daerah dalam RKPD tersebut diantaranya meningkatkan kesempatan kerja dan berusaha serta menurunkan kemiskinan, meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan untuk menekan stunting dan menciptakan SDM yang berdaya saing, meningkatkan sarana dan prasarana dalam mendukung IKN, meningkatkan kualitas pelayanan publik, serta meningkatkan pengelolaan hidup dan mitigasi bencana.

(Maria Ulfah/ TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment