Home Tabalong Hari Ini DPRD Minta Realisasi Program Pertanian & Perkebunan Ditingkatkan Tahun 2024

DPRD Minta Realisasi Program Pertanian & Perkebunan Ditingkatkan Tahun 2024

by Muhammad Rais
0 comment

DPRD Tabalong meminta program kegiatan pemerintah Kabupaten Tabalong yang mendukung kemajuan pertanian dan perkebunan ditingkatkan pada tahun anggaran 2024. Pasalnya, berdasarkan laporan realisasi APBD tahun 2023, realisasi anggaran kedua bidang tersebut belum maksimal.

Realisasi APBD tahun 2023 pada Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura (DKPPTPH) Tabalong serta Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Tabalong menjadi sorotan Badan Anggaran DPRD Tabalong dalam rapat kerja pada Rabu, 19 Juni 2024, di Sekretariat DPRD Tabalong.

Diketahui, realisasi keseluruhan anggaran DKPPTPH Tabalong tahun 2023 mencapai 88,78 persen. Namun, realisasi kegiatan pembangunan prasarana pertanian masih di bawah 85 persen, yakni 84,66 persen, dan realisasi sub kegiatan penyediaan dan pemanfaatan sarana dan prasarana penyuluh pertanian 81,92 persen.

Sementara itu, realisasi keseluruhan anggaran Disbunnak Tabalong tahun 2023 mencapai 72,65 persen. Dimana realisasi program penyediaan dan pengembangan sarana pertanian 73,52 persen, dan realisasi program penyediaan dan pengembangan prasarana pertanian 84,89 persen.

Wakil Ketua Satu DPRD Tabalong, Jurni, yang ditemui usai rapat berharap realisasi program dan kegiatan yang mendukung kemajuan pertanian dan perkebunan ditingkatkan pada tahun anggaran 2024, khususnya pembangunan jalan usaha tani dan kebun, penyediaan alsintan atau alat dan mesin pertanian, serta penambahan PPL atau penyuluh pertanian lapangan.

Baca Juga  Dinas PUPR Tabalong Terima DID Untuk Pemeliharaan Jalan

“Kami ingin mengarah kesana dulu, jalan dan alsintan itu betul-betul dipenuhi untuk kepentingan petani kita yang ada di lapangan. Sama juga dengan Disbunnak, jadi jalan untuk ke kebun termasuk juga peternakan sapi, kambing, dll. Karena itu sifatnya yang disukai dan diinginkan masyarakat kita. Nah, menurut kami itu harus dijalankan, ditambah lagi dananya untuk kegiatan itu, karena kami rasa seperti sapi dan kambing itu mengurangi pengangguran kita.” ujar Jurni, Wakil Ketua I DPRD Tabalong.

Selain DKPPTPH dan Disbunnak, dalam rapat ini juga disampaikan realisasi APBD tahun 2023 pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Tabalong mencapai 83,82 persen.

Serta realisasi anggaran Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Tabalong mencapai 84,37 persen.

Pimpinan dan anggota Badan Anggaran DPRD Tabalong pun berharap realisasi anggaran 4 SKPD tersebut, yakni DKPPTPH, Disbunnak, BKPSDM, dan DP3AP2KB Tabalong, meningkat di atas 85 persen untuk tahun anggaran 2024.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

You Might Be Interested In
Baca Juga  Puluhan CALHAJ Tabalong Tunda Berangkat Haji Tahun 2024, Ini Sebabnya

Related Articles

Leave a Comment