Home Tabalong Hari Ini Disnaker Bimbing Ratusan Siswa SMKN 1 Tanjung untuk Masuk Dunia Kerja

Disnaker Bimbing Ratusan Siswa SMKN 1 Tanjung untuk Masuk Dunia Kerja

by Muhammad Rais
0 comment

Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tabalong menggelar penyuluhan dan bimbingan jabatan bagi pencari kerja di Bursa Kerja Khusus pada Senin, 20 Mei 2024. Kegiatan ini digelar guna menyiapkan SDM yang mampu bersaing di dunia kerja.

Penyuluhan dan bimbingan jabatan bagi pencari kerja di Bursa Kerja Khusus diikuti 120 siswa SMKN 1 Tanjung, baik dari kelas 10, 11, dan 12.

Dalam kegiatan ini, para siswa diberikan materi terkait peluang kerja di luar negeri oleh Kepala Balai Pelayanan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Kalsel, Fachrizal, serta materi terkait persiapan dasar untuk memasuki dunia kerja dari HRGA Manager PT Bagas Bumi Persada Site Mantimin, Muhammad Mualif.

Kabid Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Disnaker Tabalong, Fahmi Saputra, menuturkan kegiatan ini merupakan sarana edukasi dan pembekalan untuk siswa fresh graduate yang ingin mencari kerja, serta untuk melindungi calon pekerja dari berbagai penipuan.

“Tujuan kegiatan ini artinya membekali para pencari kerja, pengetahuan atau informasi terkait mereka yang menginginkan bekerja, entah itu di dalam negeri atau di luar negeri,” ujar Fahmi Saputra, Kabid Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Disnaker Tabalong.

Sementara itu, Kepala BP3MI Kalimantan Selatan, Fachrizal, menyambut baik kegiatan ini. Ia menilai melalui kegiatan ini, calon pekerja khususnya anak-anak SLTA yang baru lulus dapat mengetahui tahapan pencarian kerja, khususnya bagi yang berminat bekerja di luar negeri.

Baca Juga  Jadi Kewajiban, PJ Bupati Hamida Harap Seluruh Pengusaha Miliki Sertifikat Halal

“Lowongan pekerjaan, kesempatan bekerja tidak hanya di dalam negeri tapi juga ada di luar negeri. Untuk menghindari mereka semua agar tidak tertipu oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang akan mempekerjakan ke luar negeri, diharapkan dengan adanya acara ini, kesempatan bagi teman-teman lulusan SMK untuk dapat mengisi lowongan pekerjaan di beberapa negara di luar negeri yang terbuka masih sangat luas,” kata Fachrizal, Kepala BP3MI Kalimantan Selatan.

Fachrizal menambahkan, anak-anak lulusan terbaru atau fresh graduate memiliki potensi besar untuk bekerja di luar negeri dengan penghasilan yang terbilang tinggi.

Terlebih, syarat utama dari lowongan luar negeri salah satunya adalah terkait kemampuan berbahasa asing yang dapat diasah para calon pekerja melalui berbagai media.

(Gazali Rahman/ TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment