Home Tabalong Hari Ini Catat, Ini Waktu Terbaik untuk Jogging

Catat, Ini Waktu Terbaik untuk Jogging

by Muhammad Rais
0 comment

Olahraga lari santai atau jogging memberikan banyak manfaat pada tubuh. Selain mampu meningkatkan metabolisme, jogging juga dapat membakar kalori.

Dijelaskan oleh dokter Novian Eka Hariadi, terdapat sejumlah manfaat kesehatan saat melakukan olahraga lari atau jogging secara rutin.

Yakni diantaranya membentuk kelancaran sirkulasi darah dalam tubuh, meningkatkan kapasitas paru-paru dan kardiovaskular, menurunkan risiko penyakit jantung, meningkatkan kekuatan tulang dan massa otot, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kualitas tidur, hingga mengendalikan atau menurunkan berat badan.

Lebih lanjut, Eka menjelaskan jogging dapat dilakukan kapan saja, baik pagi, sore, maupun malam hari.

Namun, ia menyarankan agar jogging dilakukan pada pagi hari, yakni dari pukul 05.30 hingga 08.30 pagi. Mengingat sistem dalam tubuh memiliki regenerasi lebih cepat pasca bangun tidur, yang tentunya membuat tubuh akan menjadi lebih segar.

Ia juga menekankan pentingnya melakukan peregangan atau pemanasan sebelum melakukan olahraga. Hal ini dilakukan agar otot pada tubuh dapat beradaptasi dengan baik.

“Yang jelas satu, karena tubuh kita kalau bukan atlet perlu pemanasan dulu supaya otot-otot di dalam tubuh kita bisa beradaptasi dengan baik. Baiknya kalau kita sudah terbiasa, kita bisa melakukan aktivitas ataupun jenis olahraga yang kita inginkan,” kata dr. Novian Eka Hariadi, Kepala Puskesmas Hikun.

Baca Juga  Cegah Warga Buka Lahan dengan Dibakar, 3 Pilar Sepakat Beri Bantuan Sosial

Dokter Novian Eka juga menjelaskan bahwa terdapat berbagai jenis makanan yang baik dikonsumsi usai olahraga lari, yakni di antaranya buah-buahan, serta makanan yang mengandung protein hewani dan juga protein nabati.

(Maria Ulfah, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment