Home Tabalong Hari Ini Bundaran dan Lampu Merah Pasar Jaro Jadi Usulan Prioritas Musrenbang

Bundaran dan Lampu Merah Pasar Jaro Jadi Usulan Prioritas Musrenbang

by Muhammad Rais
0 comment

Kecamatan Jaro menjadi penutup pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) RKPD Tahun 2025 tingkat Kecamatan se-Kabupaten Tabalong yang digelar Selasa, 6 Februari 2024. Dalam Musrenbang tersebut, Bappedalitbang berhasil menghimpun ratusan usulan pembangunan.

Sebanyak 155 usulan yang merupakan hasil Musrenbang 9 desa yang ada di Kecamatan Jaro disampaikan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025 tingkat Kecamatan Jaro.

Berdasarkan data Sistem Informasi Pemerintah Daerah atau SIPD, usulan tersebut terdiri dari 73 usulan untuk bidang infrastruktur, 33 usulan bidang ekonomi, dan 48 usulan bidang pelayanan publik.

Pelaksana Harian Kepala Bapedalitbang Tabalong, Sujadi, menjelaskan bahwa usulan tersebut nantinya akan dibahas, dikelompokkan, dan disepakati berdasarkan skala prioritas sesuai dengan isu strategis yang diangkat oleh Pemerintah Kabupaten Tabalong Tahun 2025.

“Untuk usulan di Kecamatan Jaro berdasarkan data yang ada di SIPD jumlah usulan ada sebanyak 155 usulan, terdiri dari usulan bidang infrastruktur sebanyak 73 usulan atau 47,10 persen, bidang ekonomi sebanyak 33 usulan atau 21,29 persen, dan bidang pelayanan publik sebanyak 48 usulan atau 31,61 persen.” ujar Sujadi, Plh Kepala Bapedalitbang Tabalong.

Sementara itu, Camat Jaro, Suryadi, menjelaskan bahwa dari seluruh usulan tersebut terdapat pembangunan yang menjadi prioritas, salah satunya pembangunan bundaran dan lampu lalu lintas simpang empat Pasar Jaro.

Baca Juga  Dishub Tabalong Petakan Titik Rawan Kecelakaan di Jalur Mudik Wilayah Tabalong

“Pembuatan bundaran atau pelebaran jalan dan pemasangan lampu merah di simpang empat pasar Jaro rencananya, sesuai aspirasi masyarakat Jaro ingin ada bundarannya dari Kaltim insyaallah mudah-mudahan ini jadi prioritas juga nanti.” ujar Suryadi, Camat Jaro.

Suryadi menambahkan selain itu, pihaknya juga memprioritaskan sejumlah usulan seperti pembenahan dan pengembangan ruang terbuka hijau di halaman kantor Kecamatan Jaro, pengadaan sarana penyemaian bibit, pengembangan wisata alam, dan agrowisata.

(Dano Nafarin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment