Home Tabalong Hari Ini BUMDES Bina Bersama Desa Kaong Setorkan PAD Terbanyak di Tahun 2023

BUMDES Bina Bersama Desa Kaong Setorkan PAD Terbanyak di Tahun 2023

by Muhammad Rais
0 comment

BUMDES Bina Bersama Desa Kaong Kecamatan Upau berhasil menjadi BUMDES dengan pendapatan tertinggi pada tahun 2023 di Kabupaten Tabalong. Tingginya pendapatan ini juga berdampak pada tingginya setoran Pendapatan Asli Desa (PAD) yang mencapai puluhan juta rupiah.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Tabalong, Erwan Mardhani. Ia menjelaskan bahwa dari 121 BUMDES yang ada di Kabupaten Tabalong, BUMDES Bina Bersama Desa Kaong Kecamatan Upau berhasil menghasilkan PAD terbanyak pada tahun 2023, yaitu sebesar 82 juta rupiah.

PAD tersebut didapatkan dari berbagai usaha yang dikelola oleh BUMDES Bina Bersama Desa Kaong, di antaranya unit usaha toko bangunan, depo air, penggilingan padi, pengelolaan pasar desa, sewa tarup, dan jasa tenaga kerja pengemasan semen curah di PT. Conch.

Kepala DPMD Kabupaten Tabalong, Erwan Mardhani, menjelaskan bahwa saat ini seluruh desa di Kabupaten Tabalong telah memiliki BUMDES, namun BUMDES yang aktif saat ini hanya berjumlah 56 BUMDES.

Berbagai upaya pun dilakukan untuk mendorong keaktifan BUMDES di Kabupaten Tabalong, salah satunya dengan mengadakan lomba BUMDES, sekaligus melakukan evaluasi dan pendampingan berkala pada seluruh BUMDES yang ada di Kabupaten Tabalong.

“Nah, target kami nanti ada satu upaya semacam realisasi semacam satu perencanaan, perencanaan dan realisasi begitu. Jadi ada perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dan yang namanya BUMDES itu pasti ada keuntungan kalau dilaksanakan dengan bagus, ada juga BUMDES yang kurang pendapatan,” ujar Erwan Mardhani, Kepala DPMD Kab. Tabalong.

Baca Juga  Pemkab Tekankan Komitmen Seluruh Pihak Guna Dukung KLA

Erwan pun berpesan agar keberhasilan BUMDES Desa Kaong dapat menjadi contoh bagi sejumlah BUMDES lainnya. Pasalnya, perkembangan BUMDES akan berdampak pada optimalisasi aset desa, serta berperan untuk mendukung kegiatan usaha dan perekonomian masyarakat di desa.

(Maria Ulfah/ TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment