Home Tabalong Hari Ini Beragam Inovasi Jadi Modal Kelurahan Hikun pada Lomba Tingkat Provinsi Kalsel

Beragam Inovasi Jadi Modal Kelurahan Hikun pada Lomba Tingkat Provinsi Kalsel

by Muhammad Rais
0 comment

Kelurahan Hikun, Kecamatan Tanjung, berhasil masuk dalam nominasi penilaian lomba desa/kelurahan tingkat Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2024. Keberhasilan tersebut berkat berbagai inovasi yang telah dilakukan oleh Kelurahan Hikun.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tabalong, Rahadian Noor, dalam sambutannya saat pembukaan kegiatan penilaian lomba desa/kelurahan tingkat Provinsi Kalimantan Selatan di Hikun Agri Park pada Rabu, 12 Juni 2024.

Secara singkat, Rahadian menjelaskan, sesuai dengan tema lomba desa/kelurahan tahun 2024 yakni “Mewujudkan Masyarakat Sejahtera Melalui Belanja Desa dan Kelurahan yang Berkualitas,” maka Kelurahan Hikun telah melakukan berbagai inovasi dalam memberikan pelayanan.

Inovasi tersebut di antaranya “Hikun Hijau Rimbun,” yakni gerakan revolusi hijau menanam pohon untuk anak cucu kita; “Alpektan” atau alat pengukur kesuburan tanah.

Ada juga “Buku Digitalisasi,” yakni inovasi untuk memberikan pelayanan perpustakaan dan buku digitalisasi untuk meningkatkan minat baca pengunjung Kelurahan Hikun.

Selain itu, Kelurahan Hikun juga memiliki produk unggulan yang pemasarannya dilakukan melalui media sosial, seperti kue kering dan kue basah dengan omzet puluhan juta rupiah.

“Jadi nanti silahkan kita buktikan saja inovasinya, apa yang saya sebutkan ini kalau memang tidak sesuai, nah ini menjadi bahan pertimbangan di kawan-kawan penilai,” kata Rahadian Noor, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Tabalong.

Baca Juga  Jadi Event Nasional, Mesiwah Pare Gumboh Ke-5 Sukses Digelar

Rahadian Noor mengharapkan pada penilaian kali ini Kelurahan Hikun dapatkan hasil yang terbaik dan dapat melaju ke tingkat selanjutnya.

Diketahui saat ini Kelurahan Hikun bersama Desa Maburai telah masuk 5 besar lomba desa/kelurahan tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

(Nova Arianti, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment