Home Tabalong Hari Ini Terdampak Revitalisasi, Pedagang Pasar Kapar Akui Sepi Pembeli

Terdampak Revitalisasi, Pedagang Pasar Kapar Akui Sepi Pembeli

by Muhammad Rais

Para pedagang Pasar Kapar mengaku penjualannya menurun selama revitalisasi atau perbaikan pasar. Mereka pun berharap revitalisasi pasar segera selesai dan usahanya semakin lancar pasca-revitalisasi nanti.

Hal tersebut diungkapkan pedagang baju Pasar Kapar, Nursehan, yang ditemui pada Kamis, 1 Agustus 2024.

Nursehan merupakan salah satu pedagang yang dialihkan sementara karena lokasi awal berdagangnya dibongkar untuk revitalisasi atau perbaikan Pasar Kapar.

Sebelumnya, Nursehan menjajakan dagangannya di bangunan los pasar sebelah kiri. Kemudian, dia dialihkan sementara ke bangunan los pasar di depan UPT Pasar Kapar, bersama pedagang pakaian lain, pedagang kain, pedagang sembako, dan sejenisnya.

“Menurut ulun, dengan adanya perbaikan pasar ini repot pang bejualannya, soalnya agak sepi di sini, kalau di sana talumayan banyak orang. Mudah-mudahan dalam perbaikan ini kaina usaha makin lancar dan sukses,” ujar Nursehan, pedagang baju.

Sementara itu, pedagang sayur, Yamani, menceritakan awalnya para pedagang sayur ditempatkan sementara di area depan Mesjid Al-Qadar Kapar dan los sementara yang dibangun pemerintah di depan UPT Pasar Kapar.

Namun, lantaran minim pembeli, mereka memutuskan pindah mendekati area pedagang ikan dan ayam di los pasar sebelah kiri yang tidak dibongkar.

“Untuk kondisi ya biasa ajalah, kayak biasa karena disinikan pasar iwak jadi semua kumpul di sini. Sebenarnya ada dibikinkan kantin di depan sana, cuma pembelinya masuk ke dalam sini, jadi akhirnya semua lari ke sini,” kata Yamani, pedagang sayur.

Diketahui, revitalisasi Pasar Kapar berupa pembangunan pasar baru untuk menyatukan pasar sebelah kiri dan kanan, yang sebelumnya terpisahkan oleh jalan raya di tengahnya. Sedangkan jalan raya tersebut dialihkan pada sisi terluar pasar, sehingga menjadi jalan satu arah mengelilingi pasar.

Revitalisasi Pasar Kapar dilakukan bertahap yang dimulai tahun ini. Adapun pekerjaan awal ialah pembuatan jalan baru di sebelah kanan pasar. Setelah rampung dan jalan dapat dimanfaatkan masyarakat, maka dilanjutkan pembangunan pasar baru di tengahnya.

Pemerintah Kabupaten Tabalong menyiapkan anggaran kurang lebih 12 miliar rupiah untuk revitalisasi Pasar Kapar tahun 2024.

Ditargetkan revitalisasi awal ini selesai pada Desember mendatang, sehingga para pedagang dapat menempati bangunan baru pada tahun baru 2025.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Posts

Leave a Comment