Home Tabalong Hari Ini Raperda Penyelenggaraan Pesantren Diuji Publik, Waket DPRD: Untuk Kemajuan Pesantren

Raperda Penyelenggaraan Pesantren Diuji Publik, Waket DPRD: Untuk Kemajuan Pesantren

by Muhammad Rais

Uji publik Raperda Inisiatif DPRD tentang Fasilitasi Penyelenggaraan Pesantren mendapatkan apresiasi dari Wakil DPRD Kabupaten Tabalong. Raperda tersebut dinilai sangat penting untuk mengatur penyelenggaraan pesantren di Kabupaten Tabalong.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tabalong, Habib Muhammad Taufani Alkaf, saat diwawancarai usai mengikuti kegiatan uji publik Raperda Inisiatif DPRD tentang Fasilitasi Penyelenggaraan Pesantren yang dilaksanakan di ruang rapat Sekretariat DPRD Tabalong, Kamis, 1 Agustus 2024.

Menurut Taufani, peraturan daerah tentang fasilitasi penyelenggaraan pesantren sangat dibutuhkan, mengingat dalam perda tersebut nanti akan tertuang berbagai regulasi yang mendukung keberlanjutan pesantren, baik terkait bantuan, dana hibah, maupun petunjuk teknis penyelenggaraan pesantren.

“Ya, dengan adanya rancangan perda inisiatif ini, perda tentang fasilitasi pondok pesantren sangat berguna. Karena apa? Regulasi di situ tercantum semuanya, baik itu terkait bantuan, dana hibah, dan segala macam termasuk teknis untuk di pondok pesantren pun sudah lengkap lah di pasal-pasal yang sudah dicantumkan,” kata Habib Muhammad Taufani Alkaf, Wakil Ketua DPRD Tabalong.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Tabalong, Jurni, mengharapkan agar Raperda yang telah dibuat dapat disempurnakan dengan lebih baik lagi, mengingat dalam forum ini para peserta memberikan saran dan masukan terkait dengan pengalaman penyelenggaraan pesantren.

“Jadi kita sebagai pimpinan ya mudah-mudahan dengan ada hasil fasilitasi hari ini itu bisa menambah kualitas dari perda itu sendiri supaya itu nanti bisa mendekati sempurna lah, artinya pasal memasal segala macam. Walaupun sebelumnya kami sudah ada Perbup, alangkah baiknya kalau ada perda,” kata Jurni, Wakil Ketua DPRD Tabalong.

Melalui Raperda Inisiatif DPRD ini, diharapkan ke depannya pesantren di Kabupaten Tabalong dapat memiliki regulasi serta payung hukum yang jelas, sehingga nantinya juga turut berdampak pada perkembangan dan kemajuan pesantren di Kabupaten Tabalong.

(Maria Ulfah/TV Tabalong)

Related Posts

Leave a Comment