Home Tabalong Hari Ini Tingkatkan Minat Baca Anak, Perpusling Dispersip Tabalong Hadir di Desa Terpencil

Tingkatkan Minat Baca Anak, Perpusling Dispersip Tabalong Hadir di Desa Terpencil

by Muhammad Rais

Kunjungan kerja Pemerintah Kabupaten Tabalong ke dua desa terpencil di Kecamatan Muara Uya turut dimanfaatkan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Pada kunjungan ini, Dispersip menurunkan dua unit mobil perpustakaan keliling.

Beginilah antusiasme sejumlah anak-anak di Desa Salikung dan Sungai Kumap, Kecamatan Bintang Ara, saat membaca buku di perpustakaan keliling Dispersip Tabalong.

Kurang lebih 1000 koleksi buku cerita anak, gambar bercerita, edukasi, dan berbagai buku ringan lainnya dibawa Dispersip Tabalong melalui Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca.

Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Dispersip Tabalong, Yumilda, menuturkan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca anak-anak di desa terpencil. Pasalnya, meski berada di desa terpencil, ia meyakini anak-anak memiliki cita-cita yang tinggi dan memerlukan bacaan serta wawasan yang baik untuk tumbuh kembangnya.

“Tujuannya tentu saja untuk meningkatkan minat baca kepada anak-anak di Desa Salikung ini,” ujar Yumilda Tri Ningsih, Kabid Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Dispersip Tabalong.

Pustakawan Dispersip Tabalong, Rakhman, mengatakan program ini akan dilaksanakan rutin di desa terpencil yang ada di Tabalong.

“Ya, mudah-mudahan ke depan kita lebih intens lagi bisa berkunjung ke sini. Dengan adanya perbaikan akses menuju Desa Salikung ini, sudah barang tentu nantinya akan memberikan kemudahan-kemudahan untuk menjangkau ke Desa Salikung ini,” kata Rakhman, Pustakawan Dispersip Tabalong.

Rakhman menambahkan, selain meningkatkan minat baca anak, pihaknya juga membawa beberapa staf dari Dispersip Tabalong untuk memberikan edukasi yang tepat untuk anak serta memberikan pembelajaran sesuai usia anak.

Selain membaca buku, anak-anak ini juga diajak bermain games edukasi oleh tim Dispersip.

(Gazali Rahman/ TV Tabalong)

Related Posts

Leave a Comment