Home Tabalong Hari Ini 4 Insan Pertanian Tabalong Masuk Nominasi Insan Pertanian Berprestasi Kalsel

4 Insan Pertanian Tabalong Masuk Nominasi Insan Pertanian Berprestasi Kalsel

by Muhammad Rais
0 comment

Empat insan pertanian di Kabupaten Tabalong kembali masuk nominasi penghargaan Insan Pertanian Berprestasi tingkat Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2024. Para insan pertanian ini pun langsung diverifikasi oleh tim Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kalimantan Selatan.

Verifikasi dan penilaian lapangan penghargaan Insan Pertanian Berprestasi tingkat Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2024 dilaksanakan tim DPKP Kalsel pada Selasa, 4 Juni 2024.

Verifikasi dilakukan terhadap 4 insan pertanian Tabalong yang berhasil masuk pada empat dari enam kategori nominasi penghargaan insan berprestasi tingkat provinsi Kalsel tahun 2024.

Adapun insan pertanian tersebut yakni Kelompok Subur Makmur pada nominasi Kelembagaan Ekonomi Petani Berprestasi, Gapoktan Sinar Mas pada nominasi Gapoktan Berprestasi, Mansyah warga Muara Uya pada nominasi Petani Berprestasi, dan Yunadi warga Pugaan pada nominasi Penyuluh Pertanian Swadaya Teladan.

Ketua tim penilai sekaligus Kepala Bidang Penyuluhan DPKP Kalsel, Hikmah, menjelaskan bahwa pada penilaian kali ini pihaknya ingin mencocokkan data administrasi yang sebelumnya telah dikirimkan para peserta dengan kondisi faktual di lapangan.

“Ya mengingat Kabupaten Tabalong ini luar biasa supportnya untuk pelaku-pelaku pertanian, diharapkan nanti dapat semakin memberikan motivasi bagi para pelaku pertanian yang ada di Kabupaten Tabalong, sehingga juga dapat meningkatkan pembangunan pertanian mengingat Kabupaten Tabalong merupakan kabupaten paling dekat dengan IKN. Jadi nanti support Kabupaten Tabalong terhadap IKN itu sangat besar dari bidang tanaman pangan dan hortikultura,” ujar Hikmah, Kabid Penyuluhan DPKP Provinsi Kalsel.

Baca Juga  Bupati Tanggapi Catatan Strategis & Rekomendasi DPRD terhadap LKPJ 2022

Sementara itu, Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Tabalong, Suparman, menuturkan bahwa sebelum dilakukan penilaian, pihaknya telah melakukan pembinaan dan pendampingan kepada 4 insan pertanian tersebut sejak Januari 2024 yang lalu.

“Kami telah melakukan pembinaan karena ini adalah penilaian untuk merekam kegiatan pelaku usaha pertanian sehingga kami memang melakukan penilaian sejak bulan Januari 2024. Kemudian dari beberapa peserta masuklah nominasi yang sudah kami umumkan juga untuk tingkat kabupaten, jadi yang kami kirimkan ialah masing-masing juara kategori di Kabupaten Tabalong,” ujar Suparman, Sekretaris DKPPTPH Tabalong.

Setelah dilakukan penilaian oleh tim verifikasi lapangan, nantinya pemenang Insan Pertanian Berprestasi akan diumumkan pada bulan Agustus 2024 mendatang.

(Dano Nafarin/ TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment