Home Tabalong Hari Ini Tradisi Unik “Mamupuri” Sapi Kurban di Desa Tanta

Tradisi Unik “Mamupuri” Sapi Kurban di Desa Tanta

by Muhammad Rais
0 comment

Pemirsa, tahukah Anda? Di Kabupaten Tabalong, tepatnya di Desa Tanta, Kecamatan Tanta, terdapat tradisi unik dalam menyembelih hewan kurban ketika Idul Adha. Sebelum disembelih, hewan kurban tersebut dimandikan dan didandani terlebih dahulu.

Beginilah proses persiapan sebelum penyembelihan hewan kurban sapi di Desa Tanta, Kecamatan Tanta, pada Senin, 17 Juni 2024.

Di mana warga mempersiapkan berbagai perlengkapan untuk “mamupuri” atau merias sapi sebelum dilakukan pemotongan.

Sapi yang telah diikat kemudian dimandikan, dibaluri kunyit, diberi bedak, parfum, disisir hingga bercermin, seperti layaknya manusia.

Merias sapi tersebut dilakukan oleh tujuh orang warga yang mendapat arisan kurban.

Usai dirias, sapi tersebut langsung dipotong.

Panitia kurban, Artinah, mengatakan tradisi mamupuri sapi ini merupakan budaya turun-temurun yang telah dijalankan setiap tahun dari dulu hingga sekarang oleh warga Tanta.

Dengan harapan di akhirat kelak yang berkurban dapat bertemu hewan kurban dengan keadaan yang baik dan suci.

“Maknanya mungkin nanti kita ketika di alam sana, mudah-mudahan kita dipertemukan dengan hewan kurban tadi menemui kita dengan keadaan bersih, suci, cantik. Harapannya seperti itu,” ujar Artinah, Panitia Kurban.

Artinah menambahkan, usai dipotong nantinya sapi tersebut dibagikan kepada anggota arisan kurban dan sejumlah masyarakat Tanta.

(Nova Arianti/ TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment