Home Tabalong Hari Ini Siswa SMPN 1 Haruai Jadi Juara Lomba Cerdas Cermat Tingkat Kabupaten Tabalong

Siswa SMPN 1 Haruai Jadi Juara Lomba Cerdas Cermat Tingkat Kabupaten Tabalong

by Muhammad Rais
0 comment

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, melalui Bidang Kebudayaan, menggelar lomba cerdas cermat antar SMP se-Kabupaten Tabalong. Lomba cerdas cermat ini bertemakan seni, budaya, dan permuseuman.

Lomba cerdas cermat ini digelar di Auditorium Islamic Center Tabalong.

Kegiatan tersebut sudah digelar selama 3 hari, yaitu sejak 18 hingga 20 Juni 2024. Lomba cerdas cermat ini diikuti siswa dari 30 Sekolah Menengah Pertama se-Kabupaten Tabalong.

Pada lomba cerdas cermat ini, Disdikbud Tabalong memberikan soal seputar kebudayaan lokal Kabupaten Tabalong, seni, lagu-lagu daerah, kuliner daerah, permuseuman, dan sejarah lokal Kalimantan Selatan serta sejarah nasional.

PPTK Bidang Kebudayaan Disdikbud Tabalong, Yuliansyah, mengatakan lomba cerdas cermat ini digelar agar para siswa bisa lebih menguasai sejarah. Pasalnya, menurut Yuli, pelajaran sejarah di sekolah saat ini sangat kurang diminati.

“Tujuan kita tidak lain adalah agar para siswa, khususnya SLTP, bisa lebih menguasai materi sejarah, karena kita tahu untuk sekarang pelajaran sejarah di sekolah masih kurang. Jadi, ke depannya, dengan adanya lomba cerdas cermat ini, kita ingin meningkatkan kemampuan dan pengetahuan para siswa dalam mempelajari sejarah yang lebih luas, bukan hanya sejarah nasional, namun juga sejarah lokal kita,” ujar Yuliansyah, PPTK Bidang Kebudayaan Disdikbud Tabalong.

Pada lomba cerdas cermat ini, SMPN 1 Haruai keluar sebagai juara pertama dan mendapatkan hadiah sebesar 4 juta rupiah, disusul SMPN 2 Haruai dengan hadiah 3 juta rupiah, juara ketiga SMPN 4 Tanjung dengan hadiah 2,5 juta rupiah, juara harapan 1 SMPN 2 Tanjung dengan hadiah 2 juta rupiah, juara harapan 2 SMPN 6 Tanta dengan hadiah 1,5 juta rupiah, dan juara harapan 3 SMPN 1 Muara Harus yang menerima hadiah 1 juta rupiah.

Baca Juga  Lahan Hortikultura Terendam Banjir, Petani Uya Terancam Gagal Panen

Juara pertama pada lomba cerdas cermat ini juga akan mewakili Kabupaten Tabalong pada lomba cerdas cermat tingkat Provinsi Kalimantan Selatan yang rencananya akan digelar pada bulan Juli mendatang.

(Muhammad Ariadi/ TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment