Home Tabalong Hari Ini RPH Tabalong Layani Pemotongan 15 Hewan Kurban di Hari Kedua Idul Adha

RPH Tabalong Layani Pemotongan 15 Hewan Kurban di Hari Kedua Idul Adha

by Muhammad Rais
0 comment

Hari kedua perayaan Idul Adha 1445 Hijriah, Rumah Potong Hewan Kabupaten Tabalong masih disibukkan kegiatan pemotongan hewan kurban. Di hari kedua ini, RPH Tabalong melakukan pemotongan 15 ekor hewan kurban.

Beginilah suasana UPTD Rumah Potong Hewan Dinas Perkebunan dan Peternakan Tabalong yang terpantau pada Selasa, 18 Juni 2024.

Di hari kedua perayaan Idul Adha 1445 Hijriah ini, RPH Tabalong melakukan pemotongan 12 ekor sapi dan 3 ekor kambing kurban yang berasal dari berbagai sumber seperti yayasan, individu, organisasi, maupun perusahaan.

Kepala UPT Rumah Potong Hewan Tabalong, Mahyuni, yang diwawancara di sela-sela kegiatan menuturkan, penyembelihan hewan kurban yang dilakukan di RPH ini sudah dipastikan sehat dan layak konsumsi.

Lantaran sebelum dilakukan penyembelihan, hewan kurban ini telah dilakukan pemeriksaan kesehatan.

“Untuk kesehatan hewan itu akan kita cek sebelum dilakukan pemotongan, dicek dulu fisiknya. Kemudian setelah dilakukan pemotongan, dicek kembali bagian jeroan di dalam seperti jantung, hati, limpa, segala macam kita cek apakah ada cacing hati atau mengandung penyakit,” ujar Mahyuni, Kepala UPT RPH Tabalong.

Sementara itu, anggota Yayasan Rihal Foundation Indonesia, Tina, mengaku sejak 5 tahun terakhir pihaknya selalu melakukan pemotongan hewan kurban di RPH Tabalong. Fasilitasnya yang lengkap serta adanya kepastian halal dan layak konsumsi menjadi alasan pemotongan hewan dilakukan di RPH.

Baca Juga  21 Jamaah Haji Lansia Akan Diberi Layanan Khusus

“Fasilitas di sini yang diberikan ada kandang, kita dapat menaruh hewan kurban kita sebelum hari H karena di sini sudah ada kandangnya. Kemudian fasilitas dan tenaganya sudah disediakan, dan jika kita ingin menyediakan tenaga sendiri juga bisa. Kemudian yang ketiga adalah tenda, di sini alhamdulillah kemajuannya luar biasa, pertama belum ada tenda sekarang disediakan tenda, disediakan terpal gratis,” ujar Tina, anggota Yayasan Rihal Foundation Indonesia.

Pihak RPH Tabalong pun mengajak masyarakat untuk memanfaatkan keberadaan Rumah Potong Hewan Tabalong. Pasalnya, RPH telah memiliki fasilitas yang lengkap didukung dengan pengelolaan limbah yang baik serta juru jagal halal.

(Dano Nafarin/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment