Home Tabalong Hari Ini Peringati Harlah Perdana IPARI, Kemenag Tabalong Tanam Ratusan Pohon

Peringati Harlah Perdana IPARI, Kemenag Tabalong Tanam Ratusan Pohon

by Muhammad Rais
0 comment

Dalam rangka memperingati hari lahir ke-1 Ikatan Penyuluh Agama Republik Indonesia (IPARI), IPARI Kementerian Agama Tabalong menggelar penanaman pohon di sejumlah lokasi pada Kamis, 30 Mei 2024.

Momen peringatan hari lahir Ikatan Penyuluh Agama Republik Indonesia yang ke-1 tahun 2024 dimanfaatkan para penyuluh agama Kemenag Tabalong untuk melaksanakan bakti sosial.

Bakti sosial berupa penanaman pohon dilaksanakan di Desa Kapar, Kecamatan Murung Pudak dan Desa Warukin, Kecamatan Tanta. Penanaman simbolis dilakukan di MTsN 9 Tabalong, Gereja Imanuel Kapar, dan KUA Kecamatan Murung Pudak.

Total sebanyak 460 bibit pohon buah berbagai jenis ditanam pada momen ini.

Kepala Kantor Kementerian Agama Tabalong, Sahidul Bakhri, menjelaskan bahwa penanaman pohon untuk memperingati harlah perdana IPARI ini merupakan bagian dari program penanaman sejuta pohon dari Kementerian Agama yang digelar serentak di seluruh Indonesia.

Dengan tema “Rawat Bumi dan Perkuat Moderasi,” kegiatan ini diharapkan memperkuat moderasi beragama di Kabupaten Tabalong serta menjaga lingkungan agar selalu bersih dan rindang.

“Mari kita rawat bumi dan perkuat moderasi sebagaimana tema yang diusung oleh Kementerian Agama. Bagaimana kita ikut berpartisipasi menjaga bumi agar kita sama-sama, yang dalam bahasa agama siapa yang menanam dia akan menuai hasil. Itu yang diusung oleh kami di Kementerian Agama dan termasuk bagaimana kita memperkuat moderasi beragama. Yang hadir hari ini semua lintas agama, ini dalam rangkaian program yang dicanangkan oleh Pak Menteri kami, Yaqut Cholil Qoumas, bagaimana kita memperkuat moderasi beragama,” ujar Sahidul Bakhri, Kepala Kemenag Tabalong.

Baca Juga  Tabalong Buka Penerimaan Mahasiswa Baru, Ada Program RPL Khusus Pekerja

Penanaman pohon ini turut dihadiri Kepala KUA Kecamatan Murung Pudak, perwakilan KPH Tabalong, Kepala Desa Kapar, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta penyuluh agama Islam dan Kristen.

Selain di lokasi tersebut, penanaman pohon juga dilakukan di rumah-rumah ibadah, KUA kecamatan, madrasah, serta pondok pesantren yang ada di Tabalong.

(Dano Nafarin/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment