Home Tabalong Hari Ini Pedagang di Trotoar Akan Ditertibkan, PJ Bupati: Utamakan Pendekatan Persuasif

Pedagang di Trotoar Akan Ditertibkan, PJ Bupati: Utamakan Pendekatan Persuasif

by Muhammad Rais
0 comment

PJ Bupati Tabalong menyampaikan arahan kepada pegawai Satpol PP dan Damkar Tabalong agar melaksanakan program-program kegiatan berbasis kinerja, terutama dalam hal ketentraman dan ketertiban. Penyampaian arahan tersebut juga untuk memenuhi salah satu indikator evaluasi kinerja PJ Bupati.

Penjabat Bupati Tabalong, Hamida Munawarah, memimpin apel pagi di halaman kantor Satpol PP dan Damkar Tabalong pada Senin, 13 Mei 2024.

Dalam amanatnya, ia menyampaikan agar pegawai Satpol PP dan Damkar melaksanakan program-program kegiatan berbasis kinerja sesuai Perda Nomor 8 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat.

Hamida juga menyampaikan bahwa tantangan ke depan Kabupaten Tabalong adalah sebagai jalur lintasan menuju IKN, sehingga diperlukan penertiban para pedagang yang menempati trotoar jalan, terutama di jalan nasional.

Ia meminta Satpol PP segera turun tangan karena akan semakin sulit ditertibkan apabila terlalu lama.

Meski demikian, Hamida menuturkan bahwa para pedagang juga perlu dicarikan solusi terbaik, seperti tempat relokasi yang strategis. Ia pun mengajak Satpol PP dan Damkar Tabalong mengadakan rapat khusus untuk membahas hal tersebut.

“Nah ini tantangan buat kita ke depan karena biar bagaimanapun kita harus menciptakan suasana lalu lintas yang nyaman di tempat kita, di Tabalong. Apalagi sebentar lagi bulan Agustus sudah direncanakan untuk peringatan 17 Agustus di IKN PPU,” ujar Hamida Munawarah, PJ Bupati Tabalong.

Baca Juga  Antisipasi Dampak El Nino, 2.414 Lahan Sawah Disiapkan Tanam Bulan Oktober

Kepala Satpol PP dan Damkar Tabalong, Tazeriyanor, mengatakan langkah awal yang dilakukan adalah mendata PKL di sepanjang trotoar jalan yang akan ditertibkan, terutama jalan nasional, kemudian mensosialisasikan rencana penertiban kepada mereka.

“Kami tidak ingin langsung penertiban, kita sifatnya sosialisasi dulu. Dan alhamdulillah kan selama ini tidak ada kami untuk mengobrak-abrik pedagang itu. Tidak ada, dan beberapa kali alhamdulillah memang dengan sukarela mereka membongkar,” ungkap Tazeriyanor, Kepala Satpol PP & Damkar Tabalong.

Sekedar diketahui, PJ Bupati Tabalong menyampaikan arahan kepada pegawai Satpol PP dan Damkar Tabalong juga dalam rangka evaluasi kinerjanya pada triwulan pertama.

Salah satu indikator evaluasi kinerja yang harus dipenuhi adalah pembinaan dalam hal ketertiban dan ketentraman masyarakat.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment