Home Tabalong Hari Ini Eco Edu Wiyata Jadi Ajang Peningkatan Kualitas Sekolah Adiwiyata

Eco Edu Wiyata Jadi Ajang Peningkatan Kualitas Sekolah Adiwiyata

by Muhammad Rais
0 comment

Sejumlah guru menilai kegiatan Eco Edu Wiyata sangat membantu dalam mendukung peningkatan kualitas sekolah Adiwiyata. Pihak sekolah pun berkomitmen akan menerapkan ilmu yang didapat dari Eco Edu Wiyata.

Hal tersebut diungkapkan oleh salah satu guru pendamping MTS Ar Raudah, Tedy, saat diwawancarai pada kegiatan Eco Edu Wiyata yang dilaksanakan pada Kamis, 13 Juni 2024.

Tedy menjelaskan bahwa rangkaian kegiatan Eco Edu Wiyata sangat membantu pihaknya dalam mengelola dan memanfaatkan sampah dengan baik dan benar.

Ia pun menyadari bahwa pengelolaan sampah yang baik dan benar sangat penting untuk dilakukan, tidak hanya untuk menjaga kualitas lingkungan agar bersih, namun juga dapat memanfaatkan berbagai jenis sampah untuk didaur ulang ataupun dijadikan kompos.

“Dampak yang dilaksanakan pada hari ini tentunya sangat mendukung bagi kami, khususnya sekolah Adiwiyata, apalagi terkait pengelolaan sampah yang sangat berdampak sangat luar biasa di lingkungan. Dengan adanya pemilahan, ada prosesnya sampai kepada bahan organik yang bisa dijadikan kompos, itu sangat berguna untuk di lingkungan sekolah kami,” kata Tedy, guru pendamping MTS Ar Raudah Tanta.

Hal serupa juga dirasakan oleh guru pendamping dari MTS Negeri 4 Tabalong, Ridha Hermawan.

Menurutnya, kegiatan ini sangat berdampak positif terhadap peningkatan pengetahuan anak-anak terkait dengan pengelolaan sampah.

Pihaknya pun berkomitmen untuk menerapkan berbagai ilmu yang telah didapat dari Eco Edu Wiyata.

“Ya, terkait pengelolaan sampah dari hasil pembelajaran kunjungan tadi kita ke TPS 3R itu bisa menambah edukasi anak dan bisa dibawa ke madrasah untuk dijadikan bagaimana nanti kita mengelola sampah di madrasah kita sendiri. Kita berkomitmen untuk menerapkan dan menindaklanjuti apa yang kita dapat pada kegiatan Eco Edu Wiyata pada hari ini,” kata Ridha Hermawan, guru pendamping MTS Negeri 4 Tabalong.

Diketahui kegiatan Eco Edu Wiyata sendiri diikuti sebanyak 60 peserta yang terdiri dari 40 siswa dan siswi serta 20 orang guru pendamping.

Pada Eco Edu Wiyata, para peserta diajak mengunjungi TPS 3R Pendopo Bersinar, Taman Hutan Kota Tanjung Persada, TPA Bongkang, dan Riam Bidadari.

Kegiatan ini digelar oleh Dinas Lingkungan Hidup Tabalong dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

(Maria Ulfah/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment