Home Tabalong Hari Ini Dinas ESDM Kalsel Upayakan Percepat Verifikasi Arsip Eks Dinas ESDM Tabalong

Dinas ESDM Kalsel Upayakan Percepat Verifikasi Arsip Eks Dinas ESDM Tabalong

by Muhammad Rais
0 comment

Dinas ESDM Kalsel mengupayakan segera melakukan verifikasi terhadap ribuan arsip eks Dinas ESDM Tabalong untuk diusulkan musnah dan permanen. Pasalnya, pemusnahan atau penyusutan arsip akan memperluas kapasitas depo arsip milik Dispersip Tabalong.

Hal tersebut disampaikan Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Kalimantan Selatan, Fakhriad, yang ditemui usai rapat bersama panitia penyusutan arsip eks Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Tabalong, pada Senin, 13 Mei 2024, di Depo Arsip Dispersip Tabalong, Pembataan, Kecamatan Murung Pudak.

Fakhriad mengungkapkan pihaknya segera melakukan verifikasi terhadap usulan musnah dan permanen arsip eks Dinas ESDM Tabalong, terutama di bidang pertambangan dan bidang geologi. Pasalnya, pemusnahan atau penyusutan arsip akan memperluas kapasitas depo arsip milik Dispersip Tabalong.

“Mungkin yang akan kita hapus seperti yang berkaitan dengan kepegawaian, undang-undangan, dan surat-surat yang mungkin bisa lah dimusnahkan, gak dipakai lagi. Daripada arsip di kabupaten menumpuk, kan space raknya lumayan kalau dikurangi,” kata Fakhriad, Kasubag Umpeg Dinas ESDM Kalsel.

Fakhriad menambahkan, jika mengacu pada peraturan yang berlaku, penghapusan dilakukan terhadap arsip-arsip yang berusia di atas 10 tahun, seperti 8.421 berkas lembar arsip eks Dinas ESDM Tabalong dalam kurun waktu tahun 1992 sampai dengan 2017. Namun, apabila arsip tersebut dinilai masih diperlukan, maka akan dipermanenkan.

Baca Juga  Harga Beras di Pasar Tanjung Masih Tinggi

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment