Home Tabalong Hari Ini Depo Arsip Representatif Bakal Dibangun di Tabalong

Depo Arsip Representatif Bakal Dibangun di Tabalong

by Muhammad Rais
0 comment

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani Mendorong Dibangunnya Depo Arsip yang Representatif di Kabupaten Tabalong. Depo arsip tersebut nantinya bakal dijadikan pusat pengelolaan arsip terintegrasi bagi seluruh OPD.

Hal tersebut disampaikan Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, dalam sambutannya pada kegiatan Bimtek Pengelolaan Arsip yang dilaksanakan di Pendopo Bersinar Pembataan pada Jum’at, 1 Maret 2024.

Bupati Anang menilai pembangunan depo arsip yang lebih representatif sangat diperlukan, lantaran jumlah arsip yang berasal dari OPD Pemkab Tabalong dari tahun ke tahun semakin bertambah.

Untuk itu, menurut Bupati Anang, bangunan baru depo arsip tersebut nantinya harus memiliki ruang atau bilik khusus yang dikategorikan berdasarkan organisasi perangkat daerah.

“Saya akan minta nanti kepada TAPD, Bappeda, di belakangnya atau di samping kantor perpustakaan Tabalong nantinya dari anggaran APBD itu nanti akan dibangun depo kearsipan yang representatif. Di luar tadi saya ngbrol dengan pak direktur, ya sebesar gedung ini lah. Saya fikir ada baiknya bu Norhayati kita membangun depo ini berbasis organisasi perangkat daerah, jadi jangan di campur, jadi ada ruang khusus.” ujar Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong.

Sementara itu, menyikapi hal tersebut, Kepala Bidang Pengelolaan, Perlindungan, dan Penyelamatan Arsip Dispersip Tabalong, Rahma Norita, sangat menyambut baik adanya rencana pembangunan depo arsip yang baru.

Ia pun berharap depo arsip nantinya dapat menjadi percontohan untuk Kalimantan Selatan.

Baca Juga  3 Pasar di Tabalong Raih Penghargaan dari Kementerian Perdagangan RI

“Hari ini adanya penyampaian bupati dalam hal depo arsip yang ingin dibangun paling lambat tahun 2025 yang lebih baik lagi dari yang ada karena sebagai percontohan untuk Provinsi Kalimantan Selatan. Kami sangat berbangga dengan adanya ingin dibangunkan tersebut, semoga kinerja kami lebih fresh lagi giat lagi dalam hal ini.” ujar Rahma Norita, Kabid Pengelolaan, Perlindungan, dan Penyelamatan Arsip Dispersip Tabalong.

Diketahui, pembangunan depo arsip Tabalong akan melewati sejumlah tahapan seperti tahap perencanaan pada Anggaran Perubahan 2024 dan pembangunan fisik pada tahun 2025 mendatang.

(Maria Ulfah/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment