Home Tabalong Hari Ini Meriahnya Hiburan Rakyat Karasmin Japin Cerita di Taman Giat Kota Tanjung

Meriahnya Hiburan Rakyat Karasmin Japin Cerita di Taman Giat Kota Tanjung

by Muhammad Rais

Untuk mewadahi dan menggali potensi kebudayaan yang ada di Kabupaten Tabalong, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tabalong bekerja sama dengan UPTD Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan menggelar Safari Budaya Hiburan Rakyat Karasmin Japin Cerita.

Safari Budaya Hiburan Rakyat Karasmin Japin Cerita yang digelar Disdikbud Tabalong bersama UPTD Taman Budaya Kalsel berlangsung pada Sabtu, 19 Oktober 2024, di Taman Giat Kota Tanjung.

Safari budaya ini diisi dengan penampilan tari kreasi yang dibawakan oleh siswa-siswi SDN Waling, serta penampilan teater tradisional Japin Cerita oleh Pesanggrahan Umaiyah dengan judul Dibalik Fitnah Kasih Bersemi.

Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Tabalong, Rahmanto, menuturkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk mewadahi dan menggali potensi budaya oleh para seniman yang ada di Kabupaten Tabalong.

“Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah menggali potensi budaya, khususnya di Kabupaten Tabalong dan umumnya di Kalimantan Selatan, yaitu dengan menggali budaya yang ada di banua-banua ini. Dengan bekerja sama dengan provinsi, nantinya ini diharapkan dapat mengembangkan potensi budaya yang ada di Kalimantan Selatan,” ujar Rahmanto, Kabid Kebudayaan Disdikbud Tabalong.

Sementara itu, Kepala Seksi Promosi dan Dokumentasi UPTD Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan, Nitta Aulia, berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut sehingga dapat melestarikan dan memperkenalkan budaya daerah.

“Semoga kegiatan ini nanti akan berkelanjutan sebagai program pembinaan kepada kabupaten/kota, serta melestarikan seni yang ada di daerah masing-masing agar dapat kita bawa ke level yang lebih tinggi lagi, misalnya mengikuti festival atau lomba-lomba yang ada di luar daerah,” ujar Nitta Aulia, Kasi Promosi dan Dokumentasi UPTD Taman Budaya Kalsel.

Kegiatan ini pun berhasil menarik antusiasme ratusan pengunjung Taman Giat Kota Tanjung. Diketahui, Japin Cerita merupakan teater tradisional asli Kalimantan Selatan yang mempertunjukkan seni peran oleh aktor Japin Cerita, serta menampilkan tari-tarian dan musik dalam pertunjukannya.

(Dano Nafarin/TV Tabalong)

Related Posts

Leave a Comment