Home Tabalong Hari Ini Pastikan Ketersediaan Pupuk Subsidi, PJ Bupati Sidak Distributor

Pastikan Ketersediaan Pupuk Subsidi, PJ Bupati Sidak Distributor

by Muhammad Rais

Usai menggelar rapat koordinasi, Penjabat Bupati Tabalong Hamida Munawarah bersama rombongan turut meninjau sejumlah distributor pupuk di Tabalong. Peninjauan dilakukan guna memastikannya ketersediaan pupuk subsidi.

Penjabat Bupati Tabalong Hamida Munawarah bersama jajaran melakukan peninjauan langsung ke sejumlah distributor pupuk subsidi yang ada di Kabupaten Tabalong pada Kamis, 25 Juli 2024.

Lokasi pertama yang dikunjungi yakni CV Sinar Tani di Kelurahan Sulingan, Kecamatan Murung Pudak.

Kemudian, rombongan melanjutkan tinjauan ke Kios Mekar Sari, Desa Tanta, Kecamatan Tanta, yang menjadi penyalur pupuk bersubsidi bagi petani setempat.

Dari tinjauan tersebut, didapati kendala yang dirasakan oleh pemilik kios terkait penyaluran pupuk subsidi yang memiliki jumlah ganjil dan harus dilakukan penimbangan secara manual, sehingga menyebabkan rawan terjadinya penyusutan.

Karena hal tersebut, PJ Bupati Tabalong Hamida Munawarah berharap agar hal ini dapat menjadi perhatian khusus dari pihak provinsi maupun pusat, agar kemasan pupuk dibuat dalam kemasan kecil dan mengharuskan para petani untuk membeli dengan berat minimal.

“Ada keluhan bahwa kalau dilakukan penimbangan yang perkiloan ini ternyata agak kesulitan. Ada yang kalau dibuka, pupuknya sudah keras. Nah itu pertama. Kemudian yang kedua, itu susut. Nah ini sudah kami sampaikan juga dengan provinsi, kalau bisa umpamanya petani nanti pembelinya dibatasi per 25 kg umpamanya, paling sedikit. Lalu tidak perlu harus menimbang ulang karena ada risiko susut dan risiko keras harus mebetel-betel lagi. Kalau yang menunggu cukup banyak, ya makan waktu lah,” ujar Hamida Munawarah, PJ Bupati Tabalong.

Menanggapi hal tersebut, Kasi Pembiayaan, Investasi, dan Pupuk Bidang Prasarana dan Sarana Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan, Indah Puteri Suciati, mengaku akan menyampaikan usulan dan saran tersebut kepada pihak kementerian.

“Ada keluhan sedikit terkait masalah pupuknya yang susut dan harus dibagi ke petani begitu. Nanti apabila ada kesempatan, akan kami sampaikan ke pusat,” ujar Indah Puteri Suciati, Kasi Pembiayaan, Investasi, dan Pupuk Bidang Prasarana dan Sarana DPKP Kalsel.

Diketahui, usai peninjauan langsung ini, pupuk subsidi jenis urea dan juga NPK sudah tersedia di distributor CV Sinar Tani. Sementara untuk pupuk subsidi organik masih menunggu pendistribusian dari provinsi.

Pada tahun 2024 terdapat tiga jenis pupuk yang mendapat subsidi dari pemerintah, yakni NPK, urea, dan organik.

Adapun alokasi pupuk bersubsidi di Tabalong yakni 2.089,11 ton pupuk NPK, 2.352,61 ton pupuk jenis urea, dan 2.457,30 ton pupuk organik.

Pemerintah telah menetapkan harga eceran tertinggi (HET) pupuk subsidi. Pupuk urea dijual 2.250 rupiah per kilogram, pupuk NPK 2.300 rupiah per kilogram, dan pupuk organik 800 rupiah per kilogram.

(Maria Ulfah, TV Tabalong)

4o mini

Related Posts

Leave a Comment