Home Tabalong Hari Ini Sertifikasi K3 Penunjang dalam Mencari Kerja

Sertifikasi K3 Penunjang dalam Mencari Kerja

by Muhammad Rais

Puluhan peserta pelatihan operator keselamatan dan kesehatan kerja umum akan mengikuti pelatihan selama 4 hari. Di akhir pelatihan, para peserta akan mengikuti uji kompetensi untuk mendapatkan sertifikat.

Hal itu diungkapkan Penanggung Jawab Operasional Procyd Academy, Muhammad Iqbal, yang diwawancara di sela pelatihan operator keselamatan dan kesehatan kerja umum gratis yang digelar oleh Dinas Tenaga Kerja Tabalong, pada Senin, 22 Juli 2024, di Hotel Jelita Tanjung, Kelurahan Pembataan, Kecamatan Murung Pudak.

Iqbal menjelaskan para peserta pelatihan ini nantinya akan diberikan materi tentang K3 kurang lebih selama empat hari.

Materi tersebut sesuai dengan standar kompetensi kerja nasional Indonesia.

Seluruh peserta juga diwajibkan untuk memiliki 7 unit kompetensi yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, keahlian, maupun sikap kerja.

Selain teori, peserta ini nantinya juga akan menjalani uji kompetensi, di mana peserta akan melakukan praktik dengan mengimplementasikan teori yang telah didapat selama pelatihan.

“Tujuan dari sertifikasi ini nanti sebagai penunjang ijazah yang mereka terima. Nanti sertifikat ini melengkapi mereka, saat nanti mereka melamar pekerjaan atau mencari pekerjaan di sektor-sektor industri maupun pertambangan,” ujar Muhammad Iqbal, Penanggung Jawab Operasional Procyd Academy.

Iqbal berharap seluruh peserta mengikuti kegiatan sebaik mungkin sehingga dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Tabalong untuk bersaing dalam dunia kerja.

Diketahui, pelatihan operator keselamatan dan kesehatan kerja umum yang digelar Disnaker Tabalong diikuti sebanyak 70 peserta yang merupakan lulusan Diploma 3 dan Strata 1.

Seluruh peserta tersebut terbagi dalam 3 batch atau kelompok pelatihan. Sebanyak 25 peserta batch pertama mengikuti pelatihan pada 22 Juli hingga 25 Juli 2024. Batch kedua sebanyak 25 peserta dijadwalkan pada 26 Juli hingga 29 Juli 2024.

Dan batch ketiga sebanyak 20 peserta dijadwalkan pada tanggal 30 Juli 2024 hingga 2 Agustus 2024.

(Dano Nafarin/ TV Tabalong)

Related Posts

Leave a Comment