Home Tabalong Hari Ini Tingkatkan Penataan Arsip, DPMD Harap Penambahan Tenaga Arsiparis

Tingkatkan Penataan Arsip, DPMD Harap Penambahan Tenaga Arsiparis

by Muhammad Rais

Untuk mendukung peningkatan kualitas penataan dan pengelolaan kearsipan, pihak DPMD Kabupaten Tabalong berharap agar penambahan tenaga arsiparis dapat menjadi perhatian khusus oleh SKPD terkait.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Tabalong, Rahadian Noor, saat diwawancarai usai mengikuti kegiatan pembukaan audit kearsipan internal oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tabalong pada Senin, 22 Juli 2024, di kantor DPMD Kabupaten Tabalong.

Rahadian Noor menyadari bahwa saat ini penataan dan pengelolaan arsip di kantornya belum dapat terlaksana maksimal sesuai dengan anjuran penataan dan pengelolaan arsip yang seharusnya. Hal tersebut terjadi lantaran belum adanya tenaga arsiparis.

Karenanya, Rahadian berharap agar pemerintah daerah melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) dapat memperhatikan kebutuhan tenaga arsiparis di tiap SKPD.

“Jadi harapan kami, berhubung saat ini kelemahan kami, kami hanya ada beberapa orang staf yang kami tugaskan untuk pengelola arsip dan kami berharap nantinya mudah-mudahan dari BKPSDM mungkin bisa menempatkan arsiparis yang khusus menangani tentang kearsipan supaya lebih tertata dan lebih tertib lagi ke depannya,” ujar Rahadian Noor, Kepala DPMD Tabalong.

Rahadian juga menambahkan bahwa arsip merupakan kumpulan dokumen penting yang benar-benar harus dijaga, sehingga penataan dan pengelolaannya benar-benar harus menjadi perhatian khusus sebagai upaya perlindungan terhadap arsip.

(Maria Ulfah, TV Tabalong)

Related Posts

Leave a Comment