Home Tabalong Hari Ini Giliran Arsip DPMD Tabalong Diaudit Tim DISPERSIP

Giliran Arsip DPMD Tabalong Diaudit Tim DISPERSIP

by Muhammad Rais

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPERSIP) Kabupaten Tabalong kembali melakukan audit kearsipan internal di lingkup pemerintahan daerah. Pihak DISPERSIP pun berharap agar komitmen dan dukungan pimpinan SKPD dapat terus diberikan dalam penyelenggaraan tata kelola arsip.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tabalong melakukan audit kearsipan internal di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Tabalong pada Senin, 22 Juli 2024.

Pada audit kali ini, tim DISPERSIP melalui Bidang Pengelolaan, Perlindungan, dan Penyelamatan Arsip melakukan penilaian di tiap bidang dan sekretariat DPMD Tabalong.

Di bagian bidang, penilaian fokus dilakukan pada aspek Unit Pengolah Arsip (U-P). Sementara untuk di sekretariat, penilaian dilakukan pada Unit Pengolah Arsip (U-P) serta Unit Kearsipan (U-K).

Penilaian tersebut merujuk pada enam aspek, yaitu di antaranya penciptaan arsip, penggunaan arsip, pemeliharaan arsip, penyusutan arsip, SDM pengelola arsip, serta sarana dan prasarana arsip.

Kepala Bidang Pengelolaan, Perlindungan, dan Penyelamatan Arsip DISPERSIP Tabalong, Rahma Norita, berharap melalui audit kali ini masing-masing SKPD dapat melakukan pembenahan dan peningkatan kualitas penataan dan pengelolaan arsip.

“Kami sangat berharap komitmen dari pimpinan untuk penyelenggaraan kearsipan yang ada di dinas maupun badan di SKPD masing-masing. Itu harapan kami, mendukung dan mensupport mengarahkan yang berperan dalam hal tadi ada enam aspek untuk bagian bidang dan untuk bagian sekretariat. Jadi, induknya di SKPD adalah penyelenggaraan kearsipan, induknya adalah di sekretariat,” ujar Rahma Norita, Kabid Pengelolaan, Penyelamatan, dan Perlindungan Arsip DISPERSIP Tabalong.

Diketahui dari hasil audit kearsipan internal ini, DPMD Kabupaten Tabalong berhasil mendapatkan nilai rata-rata 65,8 persen atau predikat B.

(Maria Ulfah, TV Tabalong)

Related Posts

Leave a Comment