Home Tabalong Hari Ini Diangkut 7 Bus, Ratusan Jemaah Haji Kembali ke Tabalong

Diangkut 7 Bus, Ratusan Jemaah Haji Kembali ke Tabalong

by Muhammad Rais

Usai mengikuti serangkaian kegiatan penerimaan di Asrama Haji Banjarbaru, 307 jemaah haji Tabalong langsung diberangkatkan ke Bumi Sarabakawa pada Kamis siang, 18 Juli 2024.

Sekitar pukul 11 siang, ratusan jemaah haji Kabupaten Tabalong diberangkatkan ke Bumi Sarabakawa menggunakan 7 buah bus yang difasilitasi pemerintah daerah.

Satu bus diprioritaskan untuk mengangkut jemaah haji lansia.

Jumlah armada bus yang mengangkut jemaah haji ini pun berkurang dibanding saat keberangkatan lalu yang berjumlah 9 bus.

Hal ini disebabkan terdapat sekitar 40 jemaah yang dijemput langsung oleh pihak keluarga di Asrama Haji Banjarmasin.

Perjalanan jemaah haji ini terbagi dalam 2 rombongan agar tidak mengganggu pengguna jalan lain.

Setiap rombongan turut mendapat pengawalan dari petugas polisi, Dishub, dan Satpol PP serta diiringi tim kesehatan.

“Untuk pemulangan jemaah ini secepat mungkin ya, kita mengharapkan waktunya sesingkat mungkin, karena jarak perjalanan kita cukup lumayan jauh, sehingga dikhawatirkan kalau terlalu sore kasihan jemaah-jemaah yang domisilinya di kecamatan, di Muara Uya, Jaro, dan lainnya. Jadi setelah ini kita beri waktu 1 jam, ini sudah jam 10, nanti jam 11 kita sudah on time akan berangkat menuju Tabalong. Kemudian kita istirahat di Kabupaten Tapin untuk melaksanakan salat zuhur jamak dengan asar, dan di situ kita sediakan konsumsi untuk jemaah. Diharapkan paling tidak jam 4 atau setengah 5 sudah sampai di Kabupaten Tabalong,” ujar Alipansyah, Kabag Kesra Setda Tabalong.

Para jemaah haji ini tiba di halaman Kantor DPRD Kabupaten Tabalong sekitar pukul 4.30 sore dan disambut langsung oleh Pj Bupati Tabalong Hamida Munawarah bersama sejumlah unsur Forkopimda.

(Muhammad Ariadi, TV Tabalong)

Related Posts

Leave a Comment