Home Tabalong Hari Ini Upaya Berantas Narkoba, Kadiskominfo Berikan Bimtek Literasi Digital P4GN

Upaya Berantas Narkoba, Kadiskominfo Berikan Bimtek Literasi Digital P4GN

by Muhammad Rais

Kepala Dinas Kominfo Tabalong mengisi materi bimbingan teknis penggiat P4GN yang digelar BNNK Tabalong. Materi yang disampaikan mengenai peran literasi digital dalam upaya P4GN di Kabupaten Tabalong.

BNNK Tabalong menggelar bimbingan teknis penggiat P4GN atau Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika pada Rabu, 12 Juni 2024, di Hotel Jelita Tanjung, Pembataan, Kecamatan Murung Pudak.

Kegiatan Bimtek ini diisi oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Tabalong, Muhammad Noor Rifani, dengan materi peran literasi digital dalam upaya P4GN di Kabupaten Tabalong.

Kepala BNNK Tabalong, AKBP Tukiman, yang ditemui usai Bimtek mengatakan Bimtek literasi digital ini merupakan salah satu strategi BNNK Tabalong dalam melakukan upaya pencegahan melalui penggiat P4GN.

“Dalam upaya membantu pencegahan melalui media juga menjadi atensi kita bersama. Bahwa jaringan kasus narkoba untuk ranah nasional juga melalui digital yang kita antisipasi melalui pencegahan, sehingga apa yang disampaikan narasumber dari Dinas Kominfo Tabalong sangat mendukung sekali tugas BNNK Tabalong untuk mewujudkan bahwa Tabalong zero terhadap narkoba di tahun 2024 harapan kita bisa tercapai,” ujar Tukiman, Kepala BNNK Tabalong.

Noor Rifani memaparkan, setidaknya ada enam peran krusial perangkat digital dalam upaya P4GN, yakni edukasi melalui media sosial dan situs web, aplikasi dan chatbot edukasi, pelacakan dan analisis data digital, kampanye online dan webinar, penggunaan aplikasi pelaporan, serta kerja sama internasional melalui jaringan digital.

“Harapan kita dengan adanya literasi digital tadi para peserta nanti bisa memahami fungsi-fungsi tersebut dan bisa membantu/membackup terkait P4GN BNNK Tabalong dalam rangka melakukan mitigasi ataupun pemberantasan peredaran narkoba di Kabupaten Tabalong melalui digital dan jaringan informatika yang ada di Kabupaten Tabalong ini,” jelas M. Noor Rifani, Kepala Diskominfo Tabalong.

Pemberian materi Bimtek mengenai literasi digital ini difokuskan terhadap 20 penggiat P4GN dari dua Desa Bersinar atau Desa Bersih dari Narkoba, yaitu Desa Wirang Kecamatan Haruai, dan Desa Mangkupum Kecamatan Muara Uya.

20 penggiat P4GN adalah masyarakat Wirang dan Mangkupum dari berbagai latar belakang, mulai dari aparat dan perangkat desa, ibu PKK, Kades KB, UPBS, tokoh agama, hingga tokoh pemuda.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Posts

Leave a Comment