Home Tabalong Hari Ini 7 Kecamatan Terima Bantuan Perahu Plastik

7 Kecamatan Terima Bantuan Perahu Plastik

by Muhammad Rais
0 comment

Dalam rangka mendukung sarana penanggulangan bencana di Kabupaten Tabalong, pemerintah daerah kembali memberikan bantuan perahu ke 7 kecamatan di wilayah tengah dan selatan.

Penyerahan bantuan sarana penanggulangan bencana berupa perahu jenis polietilen, diserahkan secara simbolis oleh Penjabat Bupati Tabalong, Hamida Munawarah, di sela apel kesiapsiagaan bencana di Kabupaten Tabalong tahun 2024, Senin, 20 Mei 2024, di halaman Pendopo Bersinar Pembataan.

Bantuan perahu tersebut ditujukan untuk penanggulangan banjir di 7 kecamatan, masing-masing 1 buah ke Kecamatan Tanjung, Murung Pudak, Tanta, Pugaan, Banua Lawas, Kelua, dan Muara Harus.

Saat diwawancara, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tabalong, Haris Fakhrozi, menjelaskan bahwa bantuan perahu tersebut nantinya diprioritaskan untuk mengevakuasi kelompok rentan di wilayah rawan banjir, seperti bayi, balita dan anak-anak, orang yang sakit, penyandang disabilitas, dan lansia.

“Tujuan sendiri untuk persiapan kita mengantisipasi kalau ini terjadi banjir ya. Jadi banjir nah kami mungkin melakukan evakuasi terutama terhadap orang ya, yang mengancam keselamatan jiwa orang akan kita evakuasi. Barang, kemudian untuk bahan-bahan pertanian nanti lah, bukan prioritas. Tapi ini evakuasi orang ya terutama kelompok yang rentan ya.” ujar haris Fakhrozi, Kepala Pelaksana BPBD Tabalong.

Agar bantuan diberikan merata, BPBD Kabupaten Tabalong juga akan menyerahkan bantuan perahu ke 5 kecamatan yang ada di wilayah utara.

Baca Juga  Touring Electric Vehicle Cara Kenalkan Kendaraan Ramah Lingkungan

Bantuan sendiri rencananya akan diserahkan melalui anggaran perubahan akhir tahun 2024 mendatang.

(Maria Ulfah, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment