Home Tabalong Hari Ini 118 Peserta Ikuti Seleksi Anggota Panwascam Pilkada 2024

118 Peserta Ikuti Seleksi Anggota Panwascam Pilkada 2024

by Muhammad Rais
0 comment

Bawaslu Tabalong membuka rekrutmen anggota Panwascam untuk Pilkada tahun 2024 selama tiga hari lalu. Dari rekrutmen tersebut, terdaftar sebanyak 118 peserta.

Dalam rangka pembentukan Panwaslu Kecamatan atau Panwascam untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel, serta Bupati dan Wakil Bupati Tabalong tahun 2024, Bawaslu Tabalong membuka rekrutmen pendaftar baru anggota Panwascam pada tanggal 5 sampai dengan 7 Mei 2024.

Dari rekrutmen tersebut, sebanyak 118 peserta bakal mengikuti seleksi calon anggota Panwascam baru.

22 peserta menyampaikan syarat administrasi secara online, dan 96 peserta secara offline dengan langsung datang ke kantor Bawaslu Tabalong, Pembataan, Kecamatan Murung Pudak.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Tabalong, Muhammad Zainudin, yang ditemui pada Kamis, 9 Mei 2024, mengatakan bahwa saat ini pihaknya tengah melakukan penelitian dan verifikasi berkas administrasi seluruh calon anggota Panwascam.

Hasil seleksi administrasi akan diumumkan pada 12 Mei 2024, dan dilanjutkan seleksi tertulis tanggal 13 sampai dengan 14 Mei 2024.

“Jadi ada tes tertulis juga sebagaimana rekrutmen biasanya. Untuk tanggal 15 itu rekapitulasi penilaian tes tertulis dari Bawaslu Provinsi.” ujar Muhammad Zainudin, Koordinator Divisi P3S Bawaslu Tabalong.

Melansir Instastory Bawaslu Tabalong, penyebaran peserta seleksi calon anggota Panwascam baru yang terbanyak berasal dari Kecamatan Tanjung dan Murung Pudak, masing-masing 23 peserta, diikuti Banua Lawas 16 peserta, Upau 12 peserta, Muara Uya 11 peserta, Tanta 9 peserta, Haruai 7 peserta, Pugaan, dan Bintang Ara masing-masing 6 peserta, dan Jaro 5 peserta. Dari 118 peserta ini terdiri dari 62 laki-laki dan 56 perempuan.

You Might Be Interested In
Baca Juga  Tekan Kasus Kematian Ibu dan Bayi, Dinkes Edukasi Puluhan Bidan

Diketahui rekrutmen anggota Panwascam baru ini untuk memenuhi kebutuhan pengawasan di tingkat kecamatan, pasca evaluasi kinerja terhadap 34 anggota Panwascam existing pada akhir bulan April lalu.

Berdasarkan hasil evaluasi kinerja tersebut, hanya 21 peserta existing dinyatakan lolos, sehingga dibuka rekrutmen 15 peserta baru untuk 10 kecamatan yang belum terpenuhi kuotanya. Dari 12 kecamatan se-Tabalong, hanya Kecamatan Kelua dan Muara Harus yang sudah terpenuhi.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment