Home Tabalong Hari Ini Pemkab Tabalong Akan Perluas Perumahan Relokasi Rawan Bencana

Pemkab Tabalong Akan Perluas Perumahan Relokasi Rawan Bencana

by Muhammad Rais
0 comment

Pemerintah Kabupaten Tabalong akan memperluas lahan untuk relokasi warga terdampak bencana. Nantinya, di lahan ini, pemerintah akan kembali membangun rumah gratis untuk warga terdampak bencana.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Tabalong, Erfin Nirza Siregar, saat ditemui di ruang kerjanya belum lama tadi.

Erfin menyampaikan bahwa pada tahun 2024, pihaknya akan menambah lahan untuk kawasan relokasi warga terdampak bencana seluas 1,5 hektar. Lokasinya masih sama dengan sebelumnya, yaitu di RT 2 Kelurahan Agung, Kecamatan Tanjung.

Seiring dengan perluasan tersebut, Erfin menjelaskan bahwa saat ini pihaknya sedang melakukan identifikasi masyarakat yang berada di kawasan rawan bencana agar bersedia direlokasi.

“Berdasarkan identifikasi orang yang memang berhak untuk mendapatkan relokasi ke wilayah yang sudah disediakan, yang memang bersedia, dan memang sudah tidak memungkinkan lagi untuk tinggal di tempat itu, kita relokasi, kita bangunkan gratis. Lahannya masih luas dan kita tambah lagi. Kemarin sekitar 2 hektar, kita mau tambah 1,5 hektar. Rumahnya kemarin itu site plan 51 yang sudah terisi 16-17, kita nanti akan bangun lagi,” ujar Erfin Nirza Siregar, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Tabalong.

Erfin menambahkan bahwa selain memperluas kawasan utama perumahan untuk relokasi, pihaknya saat ini juga sedang melakukan penjajakan pembebasan lahan akses jalan langsung dari Jalan Basuki Rahmad menuju perumahan tersebut.

Baca Juga  Jelang Nataru, Harga Cabai Di Pasar Tanjung Naik

Diketahui, dari lahan seluas 2 hektar yang sebelumnya telah tersedia, sudah dibangun 17 rumah warga yang direlokasi dari kawasan Ujung Murung. Berdasarkan site plan yang telah ditetapkan, lahan seluas 2 hektar ini mampu menampung sekitar 51 rumah.

(Muhammad Ariadi/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment