Home Keagamaan Momen Warga Gotong Royong Siapkan Makanan untuk Jamaah Haul Guru Sekumpul

Momen Warga Gotong Royong Siapkan Makanan untuk Jamaah Haul Guru Sekumpul

by Muhammad Rais
0 comment

Jelang Haul ke-19 Kiayi Haji Muhammad Zaini bin Abdul Ghani di Masjid Jami Nurul Anwar Kelurahan Agung, Kecamatan Tanjung, sejumlah masyarakat bergotong royong menyiapkan jamuan makanan gratis untuk para jamaah.

Beginilah saat sejumlah warga di RT 13 Kelurahan Tanjung, Kecamatan Tanjung, tengah menyiapkan berbagai hidangan untuk menjamu para jamaah Haul Guru Sekumpul di Masjid Jami Nurul Anwar Agung yang terpantau Kamis pagi, 25 Januari 2024.

Secara bergotong royong, para warga ini membuat berbagai jenis makanan, seperti sop, soto, gado-gado, sate, iwak karing batanak, bakso, dan berbagai menu lainnya.

Makanan tersebut akan disajikan kepada jamaah Haul secara gratis di rest area yang telah didirikan.

Diakui sejumlah warga, penyediaan konsumsi gratis bagi jamaah ini sengaja dilakukan semata-mata untuk mengharap berkah dari Allah SWT melalui Haul Guru Sekumpul.

Selain itu, momen gotong royong ini juga dijadikan masyarakat sebagai ajang mempererat tali silaturahmi dan menjaga persatuan umat dari perpecahan.

“Supaya berkahnya, mengingat kematian meninggalnya guru, mengambil berkahnya. Mudah-mudahan artinya seperti dimana-mana acara, seperti itu juga tidak ada unsur politik terhadap acara Haul, sifatnya sementara aja ditutup di area sekitar mesjid, artinya sementara aja, sehari sesudah acara Haul dikembalikan seperti semula.” ujar Rusmaniah, Warga Tanjung.

“Karena antusiasnya ini mengambil berkah dari guru sekumpul, jadi ibaratkan apalah daerah kita ini aman, tidak ada apa-apa, jauh lah dari segala marabahaya, bala segala. Nah jadi berkahnya itu pang mengambil berkah guru sekumpul ujar orang. Jadi tekumpulan juga anak-anak orang tua, biar acara Haulan ini.” ujar Siti Mariam, Warga Tanjung.

“Karena kita tahu kebesaran abah guru jadi mau tidak mau kita ikut berpartisipasi sebagaimana kampung tetangga pun juga ikut, jadi tidak bisa tidak kita harus ikut. Untuk makna Haul yaitu untuk mengenang seseorang yang sangat bersejarah untuk bumi Kalimantan. Khususnya untuk Kalimantan yang empat. Itulah kebesaran pengaruh beliau.” ujar Ajmal, Warga Tanjung.

Diketahui penyediaan konsumsi gratis ini dilakukan secara swadaya oleh masyarakat Tanjung, baik dalam bentuk sumbangan uang, makanan, atau pun minuman.

Selain warga, juga terdapat sejumlah donatur yang datang dari berbagai wilayah untuk turut serta berpartisipasi dalam menyediakan makanan dan minuman gratis untuk jamaah.

Diketahui Haul ke-19 Guru Sekumpul di Masjid Jami Nurul Anwar Agung akan digelar pada Kamis malam, 25 Januari 2024, yang diisi oleh munsyid Guru Haji Muhammad Fahmi Sekumpul beserta rombongan Maulid Habibi Huwa Martapura.

Selain itu, pelaksanaan Haul tahun ini turut menghadirkan Guru Haji Ahmad Junaidi bin Kiayi Haji Riduan dari Lok Bangkal Amuntai Hulu Sungai Utara.

(Maria Ulfah, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment