Home Tabalong Hari Ini Mau Bikin Izin Usaha, ke PLUT KUKM Aja

Mau Bikin Izin Usaha, ke PLUT KUKM Aja

by Muhammad Rais
0 comment

PLUT – KUKM Kabupaten Tabalong memberikan layanan konsultasi dan pendampingan legalitas izin usaha bagi pelaku UMKM. Izin usaha tersebut mulai dari NIB, sertifikat halal, izin PIRT, hingga izin edar BPOM.

Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (PLUT – KUKM) Kabupaten Tabalong memberikan berbagai layanan konsultasi, salah satunya mengenai kelembagaan dan pembiayaan UMKM.

Selain konsultasi, konsultan PLUT juga siap mendampingi pembuatan dan pengurusan legalitas izin usaha bagi pelaku UMKM.

Konsultan Kelembagaan dan Pembiayaan UMKM, Adi Cahyadi, yang ditemui pada Rabu, 19 Juni 2024, di ruang kerjanya mengatakan, pihaknya dapat membantu pelaku UMKM membuat NIB atau Nomor Induk Berusaha.

NIB sendiri merupakan izin usaha mendasar yang digunakan untuk mengakses perizinan berikutnya.

Kemudian pelaku UMKM juga akan dibantu membuat sertifikat halal, karena saat ini ada empat orang pendamping proses produk halal di PLUT.

Para pendamping akan melakukan pengecekan produk UMKM dan verifikasi ke lapangan, lalu sertifikat halal diterbitkan secara online.

“Kalo untuk NIB cuma KTP, nomor WA, dan email. Kalo untuk halal, NIB dulu, kemudian KTP, email, produk, dan kami akan verifikasi ke lapangan,” kata Adi Cahyadi, Konsultan Kelembagaan & Pembiayaan UMKM.

Untuk pembuatan izin PIRT atau Produk Industri Rumah Tangga dan izin edar BPOM atau Badan Pengawas Obat dan Makanan, pendamping PLUT akan memberikan pendampingan bagi pelaku UMKM untuk mengurus izin tersebut.

Pengurusan izin PIRT ke Dinas Kesehatan dan DPMPTSP yang bertempat di MPP Mabuun, sedangkan izin edar BPOM ke kantor BPOM beralamat di Propernas Mabuun.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment