Home Editor's Picks Kelompok Tani di Wilayah Muara Uya Bakal Menerima Bibit Kopi dari Pemkab Tabalong

Kelompok Tani di Wilayah Muara Uya Bakal Menerima Bibit Kopi dari Pemkab Tabalong

by tabalong hari ini
0 comment

Untuk mendukung perkembangan budidaya kopi yang ada di Kabupaten Tabalong, Pemerintah Daerah Kabupaten Tabalong pada tahun 2023 akan memberikan puluhan ribu bibit kopi kepada para petani. Bantuan ini akan disalurkan kepada kelompok tani di Kecamatan Muara Uya.

Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Tabalong pada tahun 2023 menyediakan bantuan 35.200 bibit kopi. Bantuan ini nantinya akan disalurkan bagi sejumlah kelompok tani yang ada di Desa Santuun, Desa Uwie, dan Desa Simpung Layung, Kecamatan Muara Uya.

Pelaksana tugas Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Tabalong, Norzain A. Yani menjelaskan dipilihnya wilayah Kecamatan Muara Uya untuk penyaluran bibit kopi ini lantaran wilayah Muara Uya memiliki tempat yang strategis dan memiliki hamparan lahan yang luas sehingga ideal untuk perkembangan budidaya kopi.

“Ini nantinya akan kita salurkan ke Kecamatan Muara Uya. Ada beberapa desa yang mendapatkan bantuan bibit kopi ini, seperti Santuun, Uwie, dan Simpung Layung. Nah memang di sana ini untuk lahannya, mereka yang mengajukan proposal itu menyediakan lahan yang hamparannya cukup luas ya, ini agak susah kita cari di tempat lain,” kata Norzain A. Yani, Plt Disbunnak Tabalong.

Norzain menambahkan, bantuan bibit kopi sendiri rencananya akan direalisasikan atau diserahkan kepada para petani pada triwulan kedua tahun 2023. Selain itu, ia juga mengharapkan agar para kelompok tani yang ingin mengajukan proposal bibit kopi harus terlebih dahulu mempersiapkan lahan yang luas atau memadai. Pasalnya, dengan hamparan lahan yang luas dan terpusat, pihak Disbunnak dapat lebih mudah melakukan pembinaan dan pengawasan serta memberikan berbagai dukungan lainnya.

Baca Juga  Adaro Hidupkan Hati Masyarakat di Desa Pangelak

(Maria Ulfah/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment