Home Tabalong Hari Ini DKPPTPH Bangun Jalan Usaha Tani Sepanjang 1.500 Meter

DKPPTPH Bangun Jalan Usaha Tani Sepanjang 1.500 Meter

by Muhammad Rais
0 comment

Pemkab Tabalong pada tahun 2023 akan membangun jalan usaha tani di sejumlah wilayah. Pembangunan dilakukan sebagai upaya Pemerintah Daerah untuk memperlancar dan mempermudah akses masyarakat dalam bercocok tanam.

Melalui Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Kabupaten Tabalong, bidang prasarana pembangunan jalan usaha tani tersebar di sejumlah desa. Diantaranya desa Kambitin Kecamatan Tanjung, desa Tamunti dan desa Jirak Kecamatan Pugaan, desa Sungai Durian Kecamatan Banua Lawas, desa Jaro Kecamatan Jaro, desa Nawin Kecamatan Haruai, dan desa Juai Kecamatan Tanjung.

Total keseluruhan panjang jalan usaha tani yang akan dibangun mencapai kurang lebih 1.500 meter, dengan lebar jalan satu setengah meter.

Saat ditemui di ruang kerjanya pada Selasa, 22 Agustus 2023, Kepala Bidang Prasarana DKPPTH Kabupaten Tabalong, Rahman menjelaskan bahwa pembangunan jalan usaha tani ini dilakukan sebagai langkah untuk memudahkan dan memperlancar produksi pertanian, khususnya di bidang ketahanan pangan dan hortikultura.

“Nah, harapan kami dengan jalan yang lebih bagus pengangkutan itu bisa lebih mudah dan juga kalau biasanya ada yang kadang itu ada yang diupah atau dikerjakan oleh orang lain perlu keluar biaya. Nah, harapannya dengan dia langsung mengangkat dari sawahnya ke pinggir jalan ya paling tidak roda tiga bisa masuk, karena memang jalan usaha tani kecil paling satu setengah meter bisa masuk, ini akan memudahkan petani dan mengurangi biaya dalam pengangkutan.” ujar Rahmani, Kepala Bidang Prasarana Ketahanan Pangan DKPPTPH Tabalong.

Baca Juga  Penjualan Sapi Kurban Masih Minim Menjelang Hari Raya Idul Adha

Rahmani menambahkan bahwa jika tidak ada kendala yang berarti, maka jalan usaha tani ditargetkan rampung pada akhir tahun mendatang.

(Maria Ulfah/ TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment