Home Tabalong Hari Ini Dinsos Tabalong Akan Bedah 204 Rumah Melalui Program Rutilahu

Dinsos Tabalong Akan Bedah 204 Rumah Melalui Program Rutilahu

by Muhammad Rais
0 comment

Pemerintah Kabupaten Tabalong melalui Dinas Sosial kembali melaksanakan bedah rumah melalui program rehabilitasi sosial rumah tidak layak huni atau RS Rutilahu. Di tahun 2024, ratusan rumah akan dibedah.

Sebanyak 204 buah rumah tidak layak huni akan menjadi sasaran program rehabilitasi sosial Rutilahu Dinas Sosial Tabalong di tahun 2024.

Sebanyak 81 buah rumah merupakan bantuan untuk membangun baru dan 123 buah rumah untuk rehabilitasi.

Total sebanyak 4,4 miliar rupiah telah dialokasikan untuk mensukseskan program Rutilahu.

Kepala Dinas Sosial Tabalong, Rusmadi, menjelaskan bahwa bantuan Rutilahu berupa uang tunai sebesar 25 juta rupiah untuk bangun baru dan 20 juta rupiah untuk rehab. Bantuan tersebut diberikan sesuai proposal yang diusulkan keluarga penerima manfaat atau KPM yang terdaftar dalam SK Kemiskinan Kabupaten Tabalong melalui desa dan kelurahan.

“Kita berharap dengan adanya bantuan Rutilahu atau bantuan bedah rumah ini, masyarakat kita yang terutama yang kurang mampu itu sudah memiliki rumah yang layak didiami sehingga KPM tersebut mendiami rumah tersebut dengan rasa yang nyaman dan aman,” ujar Rusmadi, Kepala Dinas Sosial Tabalong.

Rusmadi menambahkan bahwa dana bantuan Rutilahu akan langsung disalurkan ke rekening keluarga penerima manfaat untuk digunakan secara mandiri dalam proses pembangunan.

Agar program bantuan Rutilahu berjalan lancar, Dinas Sosial juga akan mengerahkan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) untuk rutin melaksanakan monitoring terhadap masyarakat yang mendapatkan program Rutilahu.

Diketahui pada triwulan II tahun 2024, sebanyak 60 KPM mendapatkan bantuan program Rutilahu. KPM tersebut mayoritas tersebar di wilayah selatan Kabupaten Tabalong.

(Gazali Rahman/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment