Home Tabalong Hari Ini FTBI Disambut Meriah oleh Juri dan Peserta Lomba

FTBI Disambut Meriah oleh Juri dan Peserta Lomba

by Muhammad Rais

Pelaksanaan Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) tingkat Kabupaten Tabalong disambut positif, baik dari dewan juri, sekolah, maupun peserta lomba. FTBI dinilai dapat mengenalkan, bahkan meningkatkan kecintaan terhadap bahasa ibu atau bahasa daerah Tabalong kepada peserta didik.

Hal ini diungkapkan oleh perwakilan juri Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Tabalong, Jaya Gin Mayu, saat diwawancarai usai acara pada Selasa, 22 Oktober 2024, di Aula Islamic Center Mabuun.

Dari ratusan peserta FTBI Tabalong, sebanyak 15 peserta lomba dinyatakan sebagai pemenang dari 5 cabang lomba, dengan 3 predikat: juara pertama, juara kedua, dan juara ketiga untuk masing-masing cabang lomba.

Perwakilan juri Festival Tunas Bahasa Ibu FTBI Tabalong, Jaya Gin Mayu, mengapresiasi kegiatan ini yang dinilai dapat mengenalkan, bahkan meningkatkan kecintaan terhadap bahasa ibu atau bahasa daerah Tabalong, yang sudah mulai terlupakan di kalangan anak-anak.

“Alhamdulillah, kita selaku mewakili juri, bahkan seniman di Tabalong, menyambut baik kegiatan seperti ini karena salah satu sarana untuk mengenalkan bahasa-bahasa orang tua dahulu, bahasa-bahasa yang mungkin generasi sekarang sudah tidak mengenal lagi karena terpengaruh berbagai budaya luar,” ujar Jaya Gin Mayu, perwakilan juri FTBI Tabalong.

Salah seorang peserta yang meraih juara, Muhammad Akmal Maulana, mengaku sangat senang dengan adanya Festival Tunas Bahasa Ibu, terlebih karena dapat meraih juara pertama dalam lomba Bakisah Bahasa Banjar.

“(Bagaimana perasaannya setelah jadi juara?) Sangat senang, sangat gembira. (Untuk persiapan bagaimana?) Persiapannya lama. (Apa yang tersulit dalam persiapan ini?) Yang sulit dalam lomba adalah menghafalnya,” kata M. Akmal Maulana, Juara I Lomba Bakisah Banjar.

Akmal mengaku akan terus belajar dan berlatih untuk meningkatkan keterampilannya dalam bercerita atau bakisah bahasa Banjar. Pasalnya, Akmal Maulana merupakan perwakilan Tabalong pada cabang Bakisah Bahasa Banjar yang akan bertanding di tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

(Gazali Rahman/TV Tabalong)

Related Posts

Leave a Comment