Home Tabalong Hari Ini Pimpin Apel Kesiapsiagaan Bencana, PJ Bupati Hamida Minta Seluruh Pihak Bersinergi

Pimpin Apel Kesiapsiagaan Bencana, PJ Bupati Hamida Minta Seluruh Pihak Bersinergi

by Muhammad Rais
0 comment

Pemerintah Kabupaten Tabalong melaksanakan Apel Kesiapsiagaan Bencana Kebakaran Hutan, Lahan, dan Kekeringan di Kabupaten Tabalong pada Kamis, 12 September 2024, di Pendopo Bersinar Pembataan, Kecamatan Murung Pudak.

Apel Kesiapsiagaan Bencana Kebakaran Hutan, Lahan, dan Kekeringan di Kabupaten Tabalong diikuti ratusan peserta yang terdiri dari TNI-Polri, organisasi, aparat desa, lurah, BPBD, Satpol PP dan Damkar, pelaku usaha, KPH, UPBS, dan relawan terkait lainnya.

Apel digelar untuk memastikan personel dan peralatan berada dalam kondisi siap pakai dalam penanggulangan bencana kebakaran hutan, lahan, dan kekeringan.

Dalam arahannya, Penjabat Bupati Tabalong, Hamida Munawarah, saat menjadi pembina apel, mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersinergi sebagai pilar sadar bencana. Pasalnya, partisipasi masyarakat memegang peranan yang sangat penting dalam upaya penanggulangan bencana kebakaran hutan, lahan, dan kekeringan di wilayah Kabupaten Tabalong.

“Masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana, bersama-sama dengan pihak yang berwenang, harus menjadi pelaku utama dalam penanggulangan bencana. Penanggulangan bencana menjadi tanggung jawab kita bersama, baik pemerintah pusat, pemerintah daerah, unsur masyarakat, dunia usaha, serta media. Bahkan, saat ini media sosial juga mempunyai peranan penting dalam menyebarkan informasi terkait bencana,” ujar Hamida Munawarah, PJ Bupati Tabalong.

Hamida menambahkan, semua pihak diminta bersinergi dan saling mendukung dalam upaya menanamkan budaya sadar bencana kebakaran hutan, lahan, dan kekeringan kepada masyarakat guna meminimalisir risiko bencana dan mengurangi dampak yang ditimbulkan.

Selain itu, kegiatan ini menurutnya tidak hanya menjadi momentum untuk meningkatkan budaya sadar bencana di kalangan masyarakat, namun juga menjadi media untuk meningkatkan kesiapsiagaan personel dan peralatan yang dimiliki.

Diketahui, apel ini turut dihadiri sejumlah unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Tabalong.

(Gazali Rahman, TV Tabalong)

Berita terkait

Leave a Comment