Home Tabalong Hari Ini Warga Kasiau Raya: Jalan TMMD Bantu Aktivitas Perekonomian Kami

Warga Kasiau Raya: Jalan TMMD Bantu Aktivitas Perekonomian Kami

by Muhammad Rais

Warga Kasiau Raya menyambut baik pembuatan jalan baru melalui TMMD ke-121 tahun 2024. Jalan tersebut dinilai membantu aktivitas usaha perkebunan warga, sehingga diharapkan akan meningkatkan perekonomian warga.

Hal tersebut diungkapkan oleh Harun Rasyid, warga RT 4 Desa Kasiau Raya, Kecamatan Murung Pudak, usai menyaksikan peresmian Jalan Pejuang Martunis oleh Irdam VI/Mulawarman, Brigadir Jenderal TNI Udiyanto, bersama Dandim 1008 Tabalong, Letnan Kolonel Infanteri Budi Sanjaya Galih, dan unsur Forkopimda Kabupaten Tabalong, pada Kamis, 22 Agustus 2024.

Harun mengapresiasi hadirnya jalan baru yang dibuat melalui program TMMD ke-121 sepanjang 2,4 kilometer dan lebar 6 meter, dari Desa Kasiau Raya ke Jalan Lintas Provinsi Kalimantan Selatan–Kalimantan Timur di Desa Kasiau.

Menurutnya, adanya jalan baru tersebut akan sangat mempermudah akses transportasi warga.

“Pembuatan jalan ini bagus, jadi kami kawa keluar nyaman, kada lagi licak. Jadi untuk jalan ini sangat membantu kami untuk buka-buka lahan juga. Mudah-mudahan ekonomi kami berjalan lancar dengan adanya jalan ini,” ujar Harun Rasyid, warga RT 4 Kasiau Raya.

Sementara itu, Kepala Desa Kasiau Raya, Adha Rayadi, menceritakan bahwa pembuatan jalan ini merupakan aspirasi warga sejak tahun 90-an. Awalnya, jalan ini hanya berupa jalan ke lahan perkebunan dan kurang efektif untuk digunakan karena sangat sempit dan tidak terawat.

“Memang ini dari awalnya waktu jalan ini belum terbuka secara menyeluruh, jalan ini memang daerah sekitarnya kiri-kanan adalah kawasan perkebunan. Dan ke depan kami berupaya untuk meningkatkan sektor usaha, khususnya di bidang hortikultura dan tanaman pangan,” kata Adha Rayadi, Kepala Desa Kasiau Raya.

Adha Riyadi berharap Jalan Pejuang Martunis yang dibuat melalui program TMMD ini menjadi cikal bakal perekonomian masyarakat setempat. Ia juga berharap adanya upaya dari pemerintah daerah untuk lebih memperhatikan jalan ini, dan pihak pemerintah desa siap mendukungnya.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Posts

Leave a Comment