Home Tabalong Hari Ini Seluruh Partai Politik Nyatakan Sikap Damai Hadapi Pilkada 2024

Seluruh Partai Politik Nyatakan Sikap Damai Hadapi Pilkada 2024

by Muhammad Rais

Seluruh partai politik dan unsur Forkopimda Tabalong menyatakan deklarasi damai pada pelaksanaan Pilkada tahun 2024. Diharapkan deklarasi tersebut menjadi edukasi bagi seluruh lapisan masyarakat agar Pilkada dapat berjalan lancar, aman, dan damai.

Deklarasi damai pelaksanaan pemilihan kepala daerah bupati dan wakil bupati Tabalong, serta gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Selatan tahun 2024 dilaksanakan pada Jumat, 23 Agustus 2024, di halaman Pendopo Bersinar Pembataan, Kecamatan Murung Pudak.

Deklarasi damai dipimpin Ketua KPU Tabalong, Ardiansyah, dan diikuti seluruh unsur Forkopimda Kabupaten Tabalong, Bawaslu Tabalong, perwakilan partai politik, Gakkumdu, pihak pengamanan, dan tokoh masyarakat.

“Karena nanti yang mengusung adalah seluruh partai politik, baik yang memperoleh kursi maupun yang tidak memperoleh kursi, sehingga ini menjadi juga edukasi dan perhatian kita bersama-sama agar proses Pilkada, yang tujuannya sangat baik tentunya untuk kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat kita semua, bisa berjalan lancar, aman, dan damai,” ujar Ardiansyah, Ketua KPU Tabalong.

Ketua Sementara DPRD Tabalong, Tadzuddin Noor, menuturkan bahwa ia bersama seluruh anggota DPRD mendukung adanya deklarasi damai Pilkada 2024. Tadzuddin berharap Pilkada nantinya berlangsung aman dan damai.

“Sudah dihadiri beberapa partai dalam deklarasi damai, tentunya harapan kita untuk Pilkada yang akan datang adalah aman dan damai. Tentunya pengalaman-pengalaman Pilpres dan Pileg sebelumnya membuat masyarakat sudah berpengalaman tentang pencoblosan nanti,” kata Tadzuddin Noor, Ketua Sementara DPRD Tabalong.

Usai deklarasi damai, kegiatan dilanjutkan dengan simulasi Sistem Pengamanan Kota (SISPAMKOTA) dalam menghadapi Pilkada 2024. Simulasi ini adalah bagian dari rangkaian pengamanan untuk memetakan potensi kerawanan Kamtibmas, memberikan gambaran teknis dan taktis, serta cara bertindak petugas secara cepat, tepat, dan efektif apabila terjadi situasi kontinjensi atau situasi darurat dan tak terduga.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Posts

Leave a Comment